UMS Sambut Ribuan Mahasiswa Baru pada Masta PMB 2024, Kenalkan Kampus Unggul Mendunia

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyambut ribuan mahasiswa baru dengan memberikan persembahan meriah pada saat Grand Opening Masta PMB 2024, Senin (19/8). Tepuk tangan dan sorakan mahasiswa baru menyertai persembahan yang dibawakan oleh mahasiswa UMS.

UMS mengakomodir hampir 7000 mahasiswa yang telah teregistrasi untuk mengikuti Masta PMB. Masta PMB adalah Masa Ta’aruf (Masta) Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan serangkaian agenda untuk memperkenalkan mahasiswa baru mengenai kehidupan di kampus.


Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si,. mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru karena telah bergabung dengan perguruan tinggi yang tepat. Perguruan tinggi yang tidak hanya unggul mendunia, tapi sekaligus perguruan tinggi yang sanggup untuk membangun karakter.

“UMS sanggup untuk mencetak kader-kader bangsa ke depan, untuk mencetak manusia-manusia unggul yang berprestasi, membangun negeri dan sekaligus akan membawa perubahan pada peradaban dunia ini, itulah UMS,” tegasnya di hadapan ribuan mahasiswa di Gedung Edutorium UMS.

UMS saat ini telah membuktikan dirinya dengan bertengger di peringkat 3 perguruan tinggi Islam dunia terbesar ke-3 dunia (International Islamic University), nomor satu perguruan tinggi Al azhar di Kairo, kemudian perguruan tinggi di Iran teheran, dan disusul oleh perguruan tinggi yang disebut Universitas Muhammadiyah Surakarta.

UMS juga memiliki kurikulum yang didesain agar mahasiswa dapat lulus 4 tahun bahkan 3.5 tahun dengan kekuatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta kekuatan spiritual.

“Kita akan mencoba mendesain adik-adik semua selama 4 tahun bahkan mungkin 3.5 tahun kalau bisa. Setelah lulus anda akan menjadi sosok manusia yang unggul yang berprestasi, yang selalu menebar kebaikan di manapun anda berada. Dan tentu itu akan menjadi modal besar bagi bangsa dan negara karena punya kesempatan untuk mengabdi kepada negara,” paparnya.

Sofyan Anif juga menyampaikan bahwa UMS memiliki berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Kita akan tunjukkan berbagai prestasi yang dicapai oleh UKM-UKM yang ada di UMS. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMS jumlahnya ada 28 UKM tingkat universitas. Anda kepengen pintar nyanyi, ada unitnya. Anda ingin pintar bahasa Arab, ada unitnya,” ujarnya.

Selain belajar, tambahnya, kita berikan ruang yang cukup untuk adik mahasiswa. Pengenalan UKM tingkat kampus akan segera dilaksanakan pada Senin mendatang saat Expo UKM (26/8).

UKM ini tidak hanya di tingkat universitas, setiap fakultas bahkan prodi juga memiliki UKM yang jika ditotal mencapai 400 lebih aktivis organisasi kemahasiswaan.

Kemudian, Rektor UMS itu juga berpesan, mungkin nanti mahasiswa baru akan menemukan kebiasaan-kebiasaan baru, seperti misalnya ketika di SMA suka rumpi, maka ketika di UMS akan berbeda. Kebiasaan di UMS adalah mahasiswa akan berbondong menuju masjid begitu adzan berkumandang.

Selanjutnya, Rektor UMS melakukan penyematan kepada 7 mahasiswa pendaftar pertama di UMS dengan membantu mengenakan jas almamater dan tanda peserta Masta PMB yang diikuti oleh ribuan mahasiswa baru. (Maysali/Humas)