Unggul! Tim KKN-MAS 2024 Kelompok 25 Siap Terjun di Desa Purbayan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 31 Juli 2024-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyambut mahasiswa dari seluruh perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA). Pelaksanaan kegiatan KKN MAS ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 40 hari, dimana peserta KKN-MAS tiba di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada tanggal 29-30 Juli 2024.

Demi kesuksesan dan lancarnya program kuliah kerja nyata (KKN) 2024, pihak penyelenggara KKN-MAS melakukan pembekalan materi sebelum KKN kepada peserta yang mencakup materi pelaksanaan KKN-MAS, pemberdayaan, teknik fasilitasi, dan tata tertib pelaksanaan KKN yang berlokasi di auditorium UMS. Pembekalan bagi mahasiswa/i ini dilakukan pada tanggal 31 Juli 2024.

Dibentuknya tim KKN-MAS kelompok 25 yang beranggotakan 9 orang terdiri dari beberapa mahasiswa/i Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) dengan lokasi penempatan di Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Kali ini KKN-MAS 2024 mengambil tema mengenai “UMKM Unggul serta Stunting Menurun”. Tim KKN-MAS kelompok 25 terdiri dari beberapa PTMA yaitu Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Bandung, universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Muhammadiyah Buton.

Dengan adanya pembekalan materi sebelum KKN ini kami selaku tim KKN-MAS 2024 Desa Purbayan menerima dan mempelajari setiap materi yang dipaparkan secara langsung oleh beberapa narasumber. Salah satu materi yang dipaparkan adalah mengenai potensi serta pertumbuhan ekonomi dari Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo.

Pembekalan materi dilakukan bertujuan untuk memberi pemahaman kepada tim KKN-MAS kelompok 25 dalam mengenal Desa Purbayan untuk kelancaran program kuliah kerja nyata (KKN). Tim KKN-MAS kelompok 25 telah siap dalam melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) dengan perasaan penuh semangat serta yakin bahwa program kerja yang telah dirancang dengan sebaik mungkin dapat dilakukan dengan sukses dan masyarakat Desa Purbayan merasa terbantu dengan adanya program kerja dari kelompok 25 Desa Purbayan.

(Tim KKN MAS kelompok 25 Desa Purbayan).