Usai Pembekalan KKN-Mas di Edutorium KH. Ahmad Dahlan, Tim 43 KKN-MAs Desa Manang Siap Mengabdi

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 Juli 2024,-Tim KKN MAs kelompok 43 yang tergabung dari beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah akan berpartisipasi penuh dalam KKN MAs 2024 di Desa Manang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Pelaksanaan KKN dimulai dari tanggal 3 Agustus hingga 9 September 2024. Adapun tema yang diusung pada KKN MAs tahun ini yaitu “UMKM Unggul, Stunting Menurun”.

KKNMas adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaborasi dari seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia. Mengutip dari news.ums.ac.id, yang menjadi panitia pusat atau tuan rumah dari KKNMas tahun 2024 adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal ini disampaikan oleh Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D., saat sambutan kegiatan Seminar Nasional The 19th URECOL.

“KKNMas Tahun 2024 akan disebar ke wilayah Sukoharjo dan Karanganyar. Panitia lokal dari UM Surakarta telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, mereka sangat terbuka jika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN”, tutur Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D.

Kelompok 43 KKN MAs ini mendapatkan tempat pengabdian di desa Manang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. yang beranggotakan dari berbagai mahasiswa lintas bidang ilmu, mereka adalah Imam Jalalludin dari universitas muhammadiyah jakarta sebagai ketua, dengan wakil ketua yaitu Erdayan Muhlishulamal dari Universitas Muhammadiyah Bandung, Amelia Putri Darwiyani sebagai sekretaris dari Universitas Ahmad Dahlan, Desvita Maharani sebagai bendahara dari Universitas Muhammadiyah Palu , Ajeng Buja Triana Hidayat sebagai PDD 1 dari Universitas Muhammadiyah Magelang, Khomsatun Arisusanti sebagai PDD 2 dari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Rindy Nabila Khoirunisa sebagai Humas 1 dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fardila sebagai humas 2 dari Universitas Muhammadiyah Buton dan Asna Afifah Wahyuaji sebagai Humas 3 Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

“Pembekalan KKN MAs ini seru dan bermanfaat! Kita dapat banyak ilmu baru yang pasti berguna, mulai dari cara memahami kondisi desa sampai teknik komunikasi yang efektif dengan warga, juga pembagian wilayah antara Sukoharjo dan Karanganyar. Materinya relevan semua dan pasti bakal membantu kita sewaktu terjun ke lapangan nanti. Terima kasih banyak untuk para pembicara dan panitia yang sudah menyiapkan acara ini dengan sangat baik. Kalian keren banget, udah kasih kita wawasan yang berharga dan bikin kita semangat buat berkontribusi maksimal di masyarakat nanti. Pokoknya, ikut pembekalan ini sangat worth it!”ujar Erdayan Muhlishulamal anggota kelompok 43 KKN-MAs 2024 dari Universitas Muhammadiyah Bandung.

“Sangat Menyenangkan, saya bisa belajar kebudayaan baru, lingkungan baru dan bahasa baru apa lagi saya berasal dari luar Jawa selain itu bisa menjadi pengalaman berharga buat saya bertemu dan menjadi satu kelompok dari universitas lain”. ujar Fardila anggota kelompok 43 KKN-MAs 2024 dari Universitas Muhammadiyah Buton.

Tim KKN MAs kelompok 43 juga telah berdiskusi dengan Ibu Dr. Ambarwati, M.Si, S.Pd, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) melalui google meet terkait program kerja yang akan dilaksanakan. Kelompok 43 beserta DPL berharap pelaksanaan KKN MAs ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat.
(TIM 43 KKN MAs Desa Manang)