You are currently viewing 139 Karya Tugas Akhir Arsitektur UMS Dipamerkan

139 Karya Tugas Akhir Arsitektur UMS Dipamerkan

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN-Program studi Arsitektur UMS mengadakan Pameran Tugas Akhir, 16-17 Sepetember 2023. Tugas Akhir merupakan subtansi akhir yang perlu dihasilkan dalam mencapai kelulusan sebagai mahasiswa di Prodi Arsitektur UMS.

“Kegiatan ini diikuti 139 mahasiswa. Kami berharap, karya karya ini menginspirasi adik adik kelas dan masyarakat,” papar Kaprodi Arsitektur UMS, Dr., Nur Rahmawati Syamsiyah, ST.,MT, Minggu (17/9).

Tugas Akhir, menurut dia, biasanya dipamerkan pada sebuah pameran resmi, dan kali ini periode September pameran diadakan di Hall Audiorium Djazman, Kampus 1 UMS. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap karya mahasiswa, yang memamerkan karya-karya Tugas Akhirnya pada periode III dan IV. “Karya ini berupa desain yang tertuang dalam poster dan maket dari setiap mahasiswa,” jelas Nur Rahmawati.

Desain Tugas Akhir, lanjutnya, mengangkat berbagai macam issue dan masalah yang realistis. Hal tersebut lah yang membuat tema pameran TA ini, yakni : “The World Without Us ” Bagaimana memposisikan arsitektur sebagai solusi dari berbagai macam issue yang diangkat.

Menurut Koordinator Pameran TA, Vatta, karya-karya Tugas Akhir ini mendesain skala kawasan dan bangunan. Setiap karya merupakan cerminan dari pemikiran mahasiswa.

“Produk arsitektur yang berupa karya tugas akhir ini menunjukkan kemampuan dan ketajaman mahasiswa dalam menangkap masalah yang ditemui dan bagaimana mereka berfikir kritis untuk mencari solusi permasalahan dalam bentuk disain,” paparnya.

Tercatat, sebanyak 139 karya tugas akhir ini memperlihatkan dinamika perkembangan arsitektur melalui ide dan kreatifitas mahasiswa.(Yusuf/Humas).