You are currently viewing Sujiwo Tejo Hadir di UMS Lho…

Sujiwo Tejo Hadir di UMS Lho…

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menghadirkan budayawan Sujiwo Tejo dalam kegiatan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMB).

Pada kegiatan yang diikuti 11 program studi (Prodi) tersebut, Sujiwo Tejo yang memaparkan materi tentang pentingnya literasi. Materi tersebut dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan minat literasi mahasiwa baru FKIP UMS.

Ia menyampaikan, menulis merupakan pembudayaan yang baik dengan mengedepankan adab, norma dan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila.

“Mahasiswa yang cerdas harus mempertahankan dan cinta budaya sendiri ketimbang budaya luar negeri,” tambahnya.

Adapun kegiatan POMB dibuka secara simbolis oleh Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif dan dihadiri jajaran pimpinan dan Kepala Prodi FKIP UMS.

Dekan FKIP UMS, Prof Dr Sutama mengungkapkan, kegiatan bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan kampus dan perkuliahan FKIP UMS kepada mahasiswa baru.

Tujuan lainnya, membentuk generasi unggul sesuai dengan nilai dan norma Islami yang mengendepan nilai-nilai Pancasila.

“Mahasiswa yang aktif diberi kesempatan berdialog dengan narasumber agar memotivasi mereka menorehkan prestasi melalui literasi,” paparnya.

Selain mengenalkan lingkungan perkuliahan di FKIP, terdapat beberapa rangkaian kegiatan POMB di dalam dan luar kelas.

“Kegiatan dalam kelas meliputi materi perpustakaan, materi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Prodiria (pengenalan tentang program studi), HMPria (pengenalan tentang himpunan yang ada di program studi), student goverment, motivasi organisasi,” kata Sutama.

Sedangkan kegiatan di luar kelas meliputi UKMria, UKM LPM Figur yang bergerak dalam bidang jurnalistik, UKM MPA Sangguru bidang pecinta alam, UKM Teater Wejang bidang seni dan teater dan UKM Berisic di bidang musik.**

Sumber : https://solo.suaramerdeka.com/pendidikan/0510073202/sujiwo-tejo-hadir-di-ums-lho