Tim Mahasiswa UMS Sabet Juara III pada Ajang Gemastik XVI 2023 Cabang Keamanan Siber

  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Tim Mahasiswa UMS Sabet Juara III pada Ajang Gemastik XVI 2023 Cabang Keamanan Siber

ums.ac.id, PABELAN – Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil memperoleh Juara III Divisi Keamanan Siber pada Kompetisi Pagelaran Nasional Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XVI 2023, yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek yang bertempat di Universitas Brawijaya (UB), Malang.

Tim UMS yang Bertajuk, “Calon Mantune Bapakmu” ini beranggotakan Bayu Fedra Abdullah, Zavier Ferodova Al Fitroh, dan Muhammad Wahyu Syafi’udin yang berasal dari Prodi Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) UMS.

“Capaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa UMS, sangat kompetitif. Ini patut kita syukuri, karena pembelajaran saat ini, sudah tepat,” papar Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif MS.i., Sabtu (16/9).

Sementara, Kabag Penalaran, Kreativitas, dan Softskill Biro Kemahasiswaan, Ir., Muhammad Alfatih Hendrawan, S.T., M.T., mengungkapkan kemenangan tahun ini, merupakan peningkatan capaian tahun lalu 2022 yang memperoleh juara harapan. Bersama dosen pembimbing lain, Ir., Bana Handaga , MT., Ph.D., dan Ahmada Auliya Rahman, S.I.Kom., M.Pd, mereka bersama sama menggembleng serta memotivasi tim mahasiswa, agar lebih kompetitif.

“Oleh karena itu, kami berharap kemenangan tahun ini mampu menginspirasi mahasiswa UMS yang lain bisa berpartisipasi dan berprestasi lagi pada event yang sama di tahun 2024 nanti,” tegas Dosen Teknik Mesin itu.

Dalam proses penyiapan tim pada perlombaan itu, lanjut dia, Kemahasiswaan UMS membantu dalam pembentukan tim dengan total 12 tim yang mengikuti perlombaan di berbagai divisi. Selain itu, kampus juga membantu dalam penyiapan video tim, sarana prasarana dan support pendanaan perlombaan.

Dia berharap, setiap mahasiswa mau bermimpi untuk meraih prestasi di bidang apa saja.

“Dengan bermimpi, maka mahasiswa akan mau berusaha bergerak berusaha dan keluar dari zona nyaman kuliah di dalam kelas. Hasilnya, tentu ada yang gagal, ada yang sukses, bagi yang gagal tidak perlu menyerah, karena kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda,” pungkasnya.

Menurut Ketua Tim, Bayu Fedra Abdullah mengungkapkan penyisihan perlombaan Gemastik, cabang lomba Cyber Security ini dilaksanakan secara online yang diikuti oleh kurang lebih 250 tim dari seluruh Universitas di Indonesia.

“Setelah dari babak penyisihan tersebut diambil 20 tim teratas menuju babak final yang dilaksanakan di Universitas Brawaijawa, Malang,” tambah Ketua Tim itu.

Pada proses final yang berlangsung dari tanggal 12-16 September 2023 itu, setiap tim diberikan website, kemudian melakukan analisis terhadap kekurangan dan celah pada website tersebut. Selain itu, setiap tim juga diberikan tantangan setiap 5 menit sekali untuk melakukan penyerangan terhadap tim musuh atau tim lain.

“Alhamdulillah, tim kami dapat memperoleh juara III dalam ajang bergensi se Indonesia. Ini sudah baik menurut saya, karena tim (Calon Mantune Bapakmu) baru dua kali menjadi partner dalam tim dan sudah berhasil memperoleh kejuaraan,” jelas Mahasiswa TI UMS itu.

Menurutnya, perlombaan Gemastik cabang Cyber Security ini format kompetisinya cukup rumit dan tantangannya bisa dibilang susah.

Mahasiswa Teknik Informatika, Bayu Fedra Abdullah ini memiliki segudang pengalaman kerja, seperti menjadi Senior Securty Analyst Ajaib, sebagai Application Security Engineer Confidential, Cyber Securty Analsyt JNet.id, Information Securty Consultant (Penetration Tester) PT Security Mitra Teknologi dan masih banyak lagi.

Selain itu, berbagai penghargaan lain yang pernah di dapatkan seperti 3rd Winner Wargames Malaysia 2022, 2nd Winner of TED CTF 2022, 4th Place Finalist Kompetisi Siber Indonesia (KKSI) 2020, 2nd Winner Indoensia Cyber Competition, dan banyak lagi. (Fika/Humas)