Aksi Nyata Kurangi Angka Stunting , KKN MAs Desa Wonorejo Lakukan penyuluhan Pernikahan Dini di Posyandu Remaja Dusun Jetis

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 1 September 2024 – angka stunting yang semakin meningkat di Desa Wonorejo mendorong KKn MAs tim 88 adakan pemyuluhan pernikahan dini dengan target yaitu anak remaja yang ada di Desa Wonorejo. Pada hari Minggu ini, tim KKN MAs berkesempatan menyampaikan materi pernikahan dini yang dihadiri oleh remaja baik itu dari SD, SMP, SMA dan calon pengantin.

Kegiatan juga dihadiri oleh bidan desa dan ibu ketua posyandu remaja. Rangkain kegiatan diawali dengan perkenalan, kemudian diberikan edukasi berupa film pendek terkait dengan pernikahan dini barulah kemudian disampaikan materi yang berkaitan dengan video tersebut. Tujuan dari penyuluhan ini lebih tepatnya untuk memberikan gambaran dan edukasi bahaya dari pernikahan dini.

Di akhir sesi juga ditambahkan oleh bu bidan bahwasannya angka hamil diluar nikah juga masih sering terjadi di desa Wonorejo. Harapan bisa menjaga diri dari pergaulan bebas juga diutamakan untuk menghindari pernikahan dini yang tidak diinginkan. Selain penyuluhan pernikahan dini, materi menstruasi juga ikut disampaikan dilengkapi dengan pembagian tablet tambah darah bagi remaja perempuan yang sudah mengaji menstruasi. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi implementasi proker dari tim KKN MAs tim 88 .

( tim KKN MAs Desa Wonorejo)