Antusiasme Ibu-ibu PKK dan Kader Dusun Kuryo Ikuti Sosialisasi KKN MAs Desa Wonorejo tentang Penerapan 7P Dalam Pemasaran UMKM

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 26 Agustus 2024- Pada hari Senin KKN MAs Desa Wonorejo mengikuti perkumpulan yang dihadiri oleh Ibu – Ibu PKK di salah satu rumah warga Dusun Kuryo. Kunjungan KKN MAs kali ini memiliki tujuan yaitu sekaligus untuk menyalurkan sosialisasi berkaitan dengan Strategi dalam pemasaran pada UMKM.

Mengingat bahwa sebagian warga Dusun Kuryo rata- rata memiliki usaha di bidang pertanian, pariwisata dan kuliner, maka di sini mahasiswa KKN MAs ingin memberikan arahan terkait dengan strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi. 7P yang dimaksud yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Process (proses), Physical evidence (bukti fisik).

Konsep 7P ini merupakan pengembangan dari konsep marketing mix yang sebelumnya hanya dikenal dengan 4P. Perbedaannya, 4P lebih berfokus pada elemen-elemen dasar pemasaran, sedangkan 7P menambahkan elemen tambahan yang menambahkan elemen tambahan yang memperluas cakupan taktik pemasaran. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat atau mengembangkan usahanya.

( KKN MAs Desa Wonorejo)