Arsitektur UMS Segera Buka Program Profesi Arsitektur Februari Mendatang

ums.ac.id, SOLO – Kegiatan Archfest 2024 yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Teknik Arsitektur (IATA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menuai banyak perhatian pengunjung Solo Paragon Mall.

Pada Archfest 2024 ini, Ketua IAI Jawa Tengah Dr. Ar Resza Riskiyanto, S.T., M.T., IAI., menyampaikan proyeksi ke depan terkait dengan lulusan dari Arsitektur. Resza menanyakan, apakah lulusan Program Arsitektur bisa langsung bekerja? Pada monolog tersebut dia menjawab bahwa lulusan Program Arsitektur bisa bekerja tapi dalam bidang arsitektur.

“Jadi kalau ditanya setelah lulus bisa bekerja apa engga, jawabannya bisa. Tapi bekerjanya di bidang arsitektur, belum bisa berprofesi sebagai arsitek,” ungkapnya, pada Minggu (22/9) pada saat Talkshow terakhir.

Pekerjaan di bidang arsitektur sendiri meliputi di antaranya juru gambar, asisten arsitek, rencana pengembangan proyek, dll. Itu merupakan beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan arsitektur.

Selanjutnya jika ingin menjadi seorang arsitek maka bisa menempuh pendidikan Program Profesi Arsitek (PPAr) atau melalui skema lain yang memenuhi kurikulum 7 tahun sebagai seorang arsitek. Ketua IAI Jawa Tengah itu menyarankan, untuk saat ini bagi bagi yang berkeinginan untuk melanjutkan ke PPAr, dia sarankan untuk mengambil PPAr terlebih dahulu yang diselingi dengan bekerja.

“Karena ketika nanti PPAr selesai, kalian bekerja, kerja itu bisa diakui sebagai proses dalam menjadi seorang arsitek,” sarannya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua IAI Jateng itu juga mengatakan bahwa saat ini di Indonesia tercatat memiliki 11 perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Profesi Arsitek. Beberapa perguruan tinggi membatasi pendaftaran Program Profesi Arsitektur yang hanya boleh diikuti oleh alumni dari perguruan tinggi tersebut.

Kaprodi Arsitektur UMS Dr. Nur Rahmawati Syamsiyah, ST., MT., menyampaikan bahwa pada jangka waktu dekat yaitu Februari 2025, UMS akan membuka PPAr.

Kaprodi Arsitektur UMS itu menyampaikan PPAr UMS akan terbuka, tidak hanya bagi lulusan Arsitektur UMS. Tetapi UMS sendiri akan memberikan diskon bagi alumni Arsitektur UMS yang melanjutkan ke PPAr UMS.

Pada Archfest 2024, pengunjung menyampaikan bahwa acaranya sangat menarik dan mengenalkan tentang arsitektur dan bagaimana peran arsitek.

Lucky Athallah Majid mahasiswa Arsitektur UMS angkatan 2021 mengatakan acara ini seru.

“Kesannya seru, soalnya banyak pameran maket, pameran stupa, dan pameran arsitektur itu sendiri,” katanya.

Dia mengaku sudah tiga kali berkunjung ke pameran yang diselenggarakan selama empat hari itu. (Maysali/Humas)