Bahas Berbagai Kolaborasi, FIK Terima Kunjungan Balik dari Praboromarajchanok Institute, Thailand

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima tamu dari Sirindhorn Collage of Public Health Khon Kaen (PBRI – SCPHKK) – Praboromarajchanok Institute, Thailand pada hari Selasa, (3/9) di Ruang Sidang Dekanat FIK UMS.

Turut hadir Dr. Warangkana Chompoopan (Deputy Director of SCPH-KK), Duangruedee Chotklang (Head of Public Health Community Program), Dr. Phanuwat Sriyotha & Pattarin Hompluem (Lecturer), dan Chananporn Sakundech & Kanyarat Tadee (Student).

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FIK UMS, Dr. Umi Budi Rahayu, S.Fis.,Ftr.,M.Kes., mengungkapkan kunjungan dari Praboromarajchanok Institute, Thailand berlangsung selama 3 hari.

“Sebetulnya ini adalah kunjungan balasan, karena beberapa waktu yang lalu kita kesana dan Alhamdulillah responnya positif,” ungkap Dekan FIK UMS itu.

BACA JUGA FIK UMS Gandeng Faculty of Physical Therapy Mahidol, Thailand Jalin Kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Dilakukan juga diskusi, lanjutnya, terkait apa saja kira-kira yang bisa dilakukan bersama dan dilanjutkan dengan kunjungan ke semua laboratorium di FIK UMS.

“Terus besok rencana mau terjun ke masyarakat, jadi kita akan ke Puskesmas untuk melakukan pengabdian terkait hipertensi yang pembicaranya dari Dosen Thailand dan Dosen UMS,” terangnya.

FIK UMS sendiri, lanjutnya, juga memiliki Pusat Studi Kronis dan yang nanti akan dikerjakan adalah terkait hipertensi.

“Pada akhir sesi, hari Kamis nanti kita akan rumuskan item-item yang akan kita kerjakan nanti apa saja, jadi lebih ke deep discussion. Kita juga akan mengundang dari Lembaga Riset dan Inovasi, Pusat Studi dan dosen-dosen yang akan melakukan riset di bidang tersebut,” paparnya.

Dekan FIK UMS berharap, jalinan kerja sama yang telah dilakukan antar dua kampus ini dapat berjalan terus dan semakin berkembang lingkup kolaborasinya. Baik dalam bidang penelitian, pengabdian maupun pengajaran.

Kolaborasi ini juga disambut baik oleh Kabid Mobilitas & Hospitalitas Mahasiswa Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS, Sri Indra Kurnia., S.KM., MPH. Dia menyampaikan bahwa UMS sangat support kegiatan semacam ini dan juga membuka peluang kolaborasi seluas-luasnya.

Menurut Deputy Director of SCPH-KK, Dr. Warangkana Chompoopan sangat senang rasanya bisa sampai ke UMS.

“Kami sangat terbuka untuk menerima kolaborasi dalam banyak kegiatan, bahkan seperti kegiatan konferensi maupun dalam hal publikasi ilmiah,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan diskusi bersama yang dipandu oleh Noor Alis Setiyadi, S.K.M., M.K.M., Ph.D dan diakhiri foto bersama dan penyerahan cinderamata. (Fika/Humas)