Bentuk Generasi Unggul! Tim Dosen FT UMS Kembangkan Fasilitas Pendidikan

ums.ac.id, SURAKARTA – Tim Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten.

Dosen Teknik, Mochamad Solikin, S.T, M.T, Ph.D., mengungkaplan program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pendesainan gedung sekolah dan kawasan kepada mitra yaitu SMP Muhammdiyah 7 Bayat.

“Target yang ingin dicapai dalam program ini adalah hasil desain yang dapat direalisasikan menjadi gedung sekolah dan kawasan baru,” ungkapnya saat diwawancarai pada Jumat, (13/9).

Pelaksanaan program ini, lanjutnya, dibagi dalam lima tahapan yaitu survey lokasi, FGD perencanaan awal, perencanaan awal arsitektur, FGD perencaaan akhir, dan perencanaan akhir arsitektur.

Menurutnya, hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah desain akhir arsitektur yang dapat dilajutkan untuk perhitungan struktur gedung dan proses konstruksi.

“Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu Survey, Forum Group Discussion (FGD) perencanaan awal, Perencanaan awal arsitektur, Forum Group Discussion (FGD) perencanaan akhir, Perencanaan akhir arsitektur,” papar Dosen Teknik UMS itu.

Solikin menjelaskan, ruang kelas yang didesain memiliki sejumlah 12 ruangan yang terbagi pada tiga lantai bangunan. Meliputi ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, perpustakaan, lapangan dan ruangan lainnya didesain berada pada lantai satu bangunan.

“Terdapat pula masjid dua lantai yang berada di atas bangunan perpustakaan. Terdapat ruang BLK yang didesain di lantai dua dan ruang aula sekolah pada lantai tiga,” jelasnya.

Pelaksanaan program pengabdian masyarakat itu, didanai oleh Lembaga Riset dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (LRI UMS) dengan skema P2AD dengan nomor kontrak: 224.5/A.3-III/LPMPP/X/2023 yang bekerjasama dengan mitra pengabdian masyarakat yaitu SMP Muhammadiyah 7 Bayat. (Yusuf/Humas)