Berkemajuan! Tim KKN MAs Desa Kagokan Beri Sosialisasi Pendidikan dengan Tema “DIFIRENSIASI DAN ESENSIAL BAHAN AJAR

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

ums.ac.id, SUKOHARJO-Tim Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) 2024 Kelompok 2, Desa Kagokan melakukan “Sosialisasi Pendidikan”. Acara ini di lakukan di SD Negeri Kagokan 02, Selasa (03/09/2024).

Acara ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan pembukaan oleh Tim kelompok 2 yaitu “Azzahra & Elsa” dan dilanjutkan menyanyikan lagu indonesia raya.

Kemudian sambutan yang disampaikan oleh dosen DPL yaitu “Bapak Dr. Eko Supriyanto, S.H., M.H dilanjutkan dengan sambutan kedua yang disampaikan oleh Bapak Anwar huda, S.Pd.I selaku kepala sekolah SDN Kagokan02.

Masuklah ke acara inti yang disampaikan langsung oleh Bapak Dr. Eko supriyanto, S.H.,M.H Selaku narasumber pagi hari ini.
Kegiatan inti beliau menyampaikan materi yaitu tentang Difirensiasi dan esensial Beliau juga menjelaskan esensial & Diferensiasi mata pelajaran adapun beberapa materi yang di sampaikan yaitu: Peningkatan retensi siswa, Adaptasi tuntutan diferensi content, Antisipasi berakhirnya rezim ijazah, Efisiensi masa belajar

Tujuan diadakan sosialisasi pendidikan dengan tema diferensiasi dan esensial bahan ajar kepada guru SD adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Agar guru dapat menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa, sehingga setiap siswa dapat belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka.

Sosialisasi ini juga mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, yang menekankan pentingnya memberikan kebebasan kepada siswa dalam belajar, serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran. Dengan memahami konsep diferensiasi, guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap perbedaan kemampuan dan minat siswa.

Secara keseluruhan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dengan cara yang lebih adaptif dan personal bagi setiap siswa, sehingga hasil belajar dapat lebih optimal.

# Tim KKN MAs 2024, Kelompok 2 Desa kagokan, kec.Gatak, Kab. Sukoharjo.