Cegah Stunting Bersama Tim KKN MAs Kelompok 102 Desa Blorong

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 15 Agustus 2024 – Dalam upaya mendukung program pencegahan stunting, Tim KKN MAs Kelompok 102 yang ditugaskan di Desa Blorong, Kecamatan Jumantono mengadakan kegiatan Penyuluhan Stunting serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa pudding yang di inovasikan dengan menambahkan sari daun kelor. Kamis (15/8/2024), bertempat di Posyandu Flamboyan II, Dusun Daren Wetan, Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, kegiatan ini berlangsung lancar serta menyenangkan.

Dengan didampingi Ibu Bidan Desa Sri Lestari, A.Md.Keb, seluruh warga dikumpulkan dan mengikuti kegiatan dengan baik. Mulai dari ibu-ibu yang masih muda hingga nenek yang membawa cucunya sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Tim KKN MAs Kelompok 102.

Pemberian pudding daun kelor sendiri merupakan langkah pencegahan stunting karena seperti yang kita ketahui bahwa daun kelor memiliki gizi yang sangat baik yaitu mengandung vitamin A dan C serta tinggi zat besi yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Namun, karena terkadang anak-anak kurang suka atau tidak tertarik dengan sayur, maka Tim KKN MAs Kelompok 102 berinovasi dengan mengolah sari daun kelor menjadi pudding. Tentu anak-anak lebih suka pudding karena rasanya yang manis. Terbukti dengan lahapnya mereka menikmati pudding yang dibagikan.

Pada kesempatan ini, kegiatan posyandu juga bekerjasama dengan BKKBN Kecamatan Jumantono yang memberikan edukasi tentang pola asuh anak yang baik guna mencegah stunting. Kerjasama ini dalam rangka proses membentuk Kampung KB (Keluarga Berkualitas).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan lebih banyak lagi masyarakat Desa Blorong yang mengetahui apa itu stunting dan pencegahannya. Diharapkan juga para orang tua dapat memberikan makanan bergizi bagi anak-anaknya dengan inovasi pudding daun kelor.