Dua Mahasiswa UMS Berhasil Sabet Medali Perunggu Cabor Rugby di PON 2024

ums.ac.id, SURAKARTA – Dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani (Penjas) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil membawa pulang Medali Perunggu pada cabang Rugby – Beregu 7’s Putri dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.


Dua mahasiswa tersebut adalah Rahmatika Nur Chasani dan Zaidah Mufidah. Mereka berhasil menjuarai pertandingan Rugby yang dilaksanakan di Stadion Mini Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh 17-19 September 2024.

Ajang PON ini menjadi pengalaman pertama mereka dalam pertandingan tingkat nasional. Mereka mulai menekuni Rugby ketika memasuki dunia perkuliahan.

“Pertandingan PON ini adalah pengalaman pertama kami dalam perlombaan tingkat nasional. Sebelumnya kami belum pernah mengikuti lomba nasional khususnya cabor Rugby ini karena kami mulai menekuni Rugby waktu kami mulai semester satu,” jelas Zaidah.

Sebelum mengikuti pertandingan ini, mereka telah mempersiapkan banyak hal.

“⁠Persiapan yang kami lakukan sebelum mengikuti pertandingan tersebut yaitu ada latihan fisik, teknik, taktik dan strategi selama kurang lebih setengah tahun dan kami pemusatan latihan daerah selama 3 bulan, menjaga pola makan yang sehat, dan melaksanakan mental training,” ungkap Rahmatika pada Jum’at, (27/9).

Rahmatika mengungkapkan bahwa di balik kesuksesan mereka dalam pertandingan Rugby tersebut terdapat peran UMS yang mendukung secara penuh para atlit yang akan bertanding dalam PON 2024.

“UMS memberikan banyak dukungan kepada kami termasuk dukungan moral, uang saku, dan memberikan berbagai motivasi sebelum pemberangkatan untuk bertanding di PON 2024,” tuturnya.

Mereka berharap mampu meningkatkan prestasi dan mengembangkan bakat mereka dalam cabor Rugby. Selain itu mereka juga berharap akan adanya dukungan lebih lanjut dari kampus untuk program olahraga dan peningkatan minat mahasiswa dalam cabor Rugby.

Pelatih Rugby Provinsi Jawa Tengah, Imron Nugroho Saputro, M.Or., menyampaikan harapannya pada kedua mahasiswa berbakat tersebut.

“Harapan saya semoga mereka lebih bisa menjaga kondisi fisiknya. Saya berharap kedepannya mereka bisa bergabung kembali ke dalam tim Rugby untuk event selanjutnya dan membela provinsi serta membawa nama baik UMS,” ungkap Imron. (Dewi/Humas)