Gala Dinner KKN MAs 2024, UMS Disebut Jadi Tuan Rumah Terbaik!

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengundang pimpinan lembaga, panitia, dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKNMAs) Tahun 2024 untuk Gala Dinner, menikmati jamuan makan malam di Hall Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan bahwa UMS sangat berterima kasih terutama kepada para pimpinan perguruan tinggi yang telah berkenan untuk mengirimkan peserta KKNMAs 2024.

“Ketua Panitia Lokal KKNMAs 2024 sempat khawatir terkait dengan jumlah peserta yang mungkin kurang dari target. Namun kemudian pada kenyataannya banyak perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya,” ungkapnya Selasa, (10/9).

Sofyan Anif menilai bahwa keberadaan KKNMAs ini dapat dilihat dari sisi-sisi kemanfaatan. Anif menyampaikan, mungkin mahasiswa tidak dapat menyelesaikan segalanya tetapi yang penting mahasiswa itu bisa bertemu dengan masyarakat dan menganalisis masalah, juga mahasiswa sudah belajar untuk mendapatkan solusi tersebut.

Rektor UMS itu menekankan pula bagaimana mahasiswa sebagai kader bangsa mulai kehilangan nilai-nilai budayanya.

“Nanti tahun 2045 diharapkan menjadi kader-kader bangsa. Kader-kader bangsa itu tidak sekedar menguasai IPTEK tapi juga harus memiliki kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk pembangunan bangsa. Menjunjung tinggi nilai etika, menjunjung tinggi moralitas bangsa dan punya kemampuan-kemampuan bagaimana kita melakukan proses lobi kerjasama, tolong menolong,” tegasnya.

Menurutnya, yang paling penting adalah bagaimana dalam KKNMAs ini dapat menanamkan kepada mahasiswa terkait dengan aspek toleransi.

Rektor UMS juga berpesan bahwa ada nilai penting untuk melakukan kerja sama antara kabupaten atau kota dengan perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan daerahnya.

Selanjutnya Sofyan Anif mempersilakan tamu undangan untuk dapat menikmati jamuan malam hari ini.

“Sekali lagi selamat malam dan silakan menikmati semua hidangan yang kami berikan. Mudah-mudahan pertemuan malam ini yang mungkin tidak begitu maksimal mudah-mudahan memberikan berkah kepada kita semua, kita makin akrab satu keluarga Perguruan Tinggi Muhammadiyah & ‘Aisyiyah,” pungkasnya.

Menyambung pesan Rektor UMS, Ketua Panitia Pusat KKNMAs Prof. Suwarno, M.Si., menyampaikan bahwa melalui KKN kedewasaan mahasiswa bisa terbentuk. Pun demikian terjadi kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat, terlebih KKNMAs ini merupakan kolaborasi antar perguruan tinggi.

“KKN merupakan mata kuliah yang bisa membentuk sisi bagi mahasiswa, kedewasaan mahasiswa itu salah satunya bisa terbentuk di program KKN. Ini tadi di Sukoharjo sudah ada Expo KKN, ini menunjukkan bagaimana mahasiswa menunjukkan satu kolaborasi yang luar biasa,” ungkapnya.

Dalam makan malam tersebut, Suwarno juga mengatakan bahwa KKNMAs akan tetap berlanjut karena banyak perguruan tinggi yang menanti-nanti.

Yuyun Sri Wahyuni, M.Hum., dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi menyampaikan kesannya terhadap pelaksanaan KKNMAs 2024 dengan UMS sebagai tuan rumah.

“Kami sangat bersyukur UMS menjadi tuan rumah terbaik dari seluruh kegiatannya dari mulai persiapan sampai dengan gala dinner dan malam ini tentunya rasa syukur, rasa bangga menjadi bagian-bagian yang tidak bisa terpisahkan dari seluruh rangkaian,” ungkapnya.

Di penghujung jamuan makan malam tersebut, Rektor UMS dengan didampingi sang Istri turut menambah kesan hangat dalam jamuan makan malam ini dengan mempersembahkan lagu Andaikan Kau Datang Kembali. (Maysali/Humas)