Grand Launching Wirausaha Merdeka 2024 di UMS, Bentuk inkubator Wirausaha Muda

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Grand Launching Wirausaha Merdeka Tahun 2024 secara online melalui Zoom Meeting Sabtu, (21/9).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana WMK UMS, Dr. Ir. Suranto ST., MM., M.Si., mengungkapkan, pada tahun ini UMS menerima 520 mahasiswa Wirausaha Merdeka (WMK).

“Ini luar biasa karena awalnya kita hanya dapat kuota 375, namun karena antusias pendaftarnya sangat banyak akhirnya dapat tambahan kuota lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan persaingan menjadi peserta WMK di UMS ini cukup ketat, sehingga para peserta dapat mengeluarkan potensi wirausaha yang dimiliki.

“Ikuti terus kegiatan WMK, harus semangat dan semoga acara ini dapat menjadi inkubator wirausaha di Perguruan Tinggi. Acara ini milik kita, mari mengawali dengan niat yang tulus untuk Generasi Emas 2045,” tambahnya.

Alhamdulillah, lanjutnya, lulusan dari WMK UMS 49% masih berwirausaha. Pada tahun 2023 lalu, UMS mendapatkan nominasi penyelenggara terbaik Wirausaha Merdeka dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemdikbud Ristek).

“Grand Opening secara luring dilakukan untuk menguatkan dan memantapkan para peserta untuk mengikuti WMK 2024 dengan maksimal, kami tunggu luring dalam mendorong kemajuan wirausaha,” tegasnya.

Ketua MBKM UMS, Ir. Munajat Tri Nugroho, Ph.D., mengapresiasi tim pelaksana yang telah bekerja keras untuk pelaksanaan WMK Tahun 2024 di UMS.

“Kita sudah memiliki pengalaman menjadi penyelenggara dari tahun 2022, bahkan pada 2023 mendapatkan penghargaan juga. Semoga tahun ini lebih baik lagi. Ini bentuk kepercayaan kepada UMS menjadi salah satu Perguruan Tinggi pelaksana WMK. Kami dari pimpinan UMS mengucapkan terima kasih dan menjadi komitmen pelaksana dengan baik,” ujar Ketua MBKM UMS itu.

Munajat berharap, wirausahawan muda merupakan alumni dari WMK UMS dan semoga Allah meridhoi langkah kita.

Direktur Pembelajaran dan Mahasiswa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, ST., MT., mengungkapkan WMK ini merupakan program flagship di bawah MBKM yang memiliki minat entrepreneur.

“Kami mendorong minat kewirausahawanan bukan hanya edukatif, tetapi peningkatan kemampuan tantangan nyata wirausaha. Keberhasilan WMK ini tidak lepas dari kontribusi Dewan Pendamping Lapangan (DPL) dan praktisi,” ujarnya.

Sri Suning Kusumawardani, berharap dengan dimulainya WMK ini dapat memberikan semangat untuk bisa berwirausaha dengan maksimal.

“Mari mengambil peran melangkah maju menyambut Indonesia yang lebih baik,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, pengelola WMK UMS 2024, Muhammad Fahmi Johan Syah Ph.D., menyampaikan beberapa informasi kegiatan WMK secara detail kepada peserta. (Fika/Humas)