Grand Opening ETP dan EIC 2024, Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

ums.ac.id, SURAKARTA – Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Grand Opening English Tutorial Program (ETP) dan English for International Class (EIC), yang digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting dan live streaming.

Kegiatan ini ditujukan untuk mensosialisasikan bahwa di UMS terdapat program ETP dan EIC sehingga ketika mahasiswa mulai memasuki perkuliahan akan tahu dan semangat untuk mengikuti program tersebut, karena program ETP ini menjadi kontribusi nilai mata kuliah EAP dan SETP di semester 1 dan 2.

“Semangat mengikuti program ini sehingga ketika nanti sudah lulus kemampuan dalam berbahasa Inggris bisa lancar,” harap Dr. Dwi Haryanti, M.Hum selaku Kepala LBIPU pada, Sabtu, (7/9).

Sementara tujuan dari program ini, lanjutnya, yaitu untuk memberikan bekal keterampilan dalam menggunakan bahasa Inggris serta menulis dalam bahasa Inggris, dengan mengangkat tema ‘Gen Z : Challenges and Opportunities in the World of English and Digital Literacy. ‘

BACA JUGA LBIPU UMS Gelar Social Gathering 2024, Tutor dan Mahasiswa ETP UMS Unjuk Diri Kelihaian Berbahasa Inggris

LBIPU sendiri memiliki 3 bidang dalam pembelajaran bahasa yaitu: (1) pembelajaran bahasa Inggris, (2) English Tutorial Program (ETP), (3) English for International Class (EIC), dan (4) Test of English Proficiency (TOEP).

ETP ini diberikan guna untuk mendampingi mata kuliah bahasa Inggris pada semester 1 (EAP : English for Academic Purposes), dan mata kuliah bahasa Inggris semester 2 (SETP : Standardized English Test Preparation).

Sementara, pada EIC memprioritaskan 4 soft skill, di antaranya : listening; reading; speaking; dan writing, dengan pendampingan Grammar untuk IELTS preparation and practice. Bagi mahasiswa yang mendapat skor 6.5 atau lebih akan diikutkan tes IELTS yang real.

Selanjutnya, TOEP sendiri wajib diambil oleh mahasiswa jenjang S1, dan EnglishScore (ES) untuk jenjang S2, dan S3 sebagai syarat pengambilan tugas akhir, ujian tugas akhir, dan juga sebagai salah satu syarat wisuda. Namun pelaksanaan ES ini dilakukan secara online guna mengantisipasi mahasiswa yang sudah bekerja ataupun jarak jauh.

Pada program ETP dan EIC ini dilaksanakan setiap hari sabtu setelah kegiatan mentoring Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) berlangsung, dan dilakukan pada saat jeda semester 1 dan 2. Dalam hal ini, LBIPU menghimbau kepada prodi untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengganggu berjalannya program tersebut.

“Kami sangat menghimbau kepada Kaprodi dan Sekprodi agar tidak mengadakan kegiatan untuk mahasiswa semester 1 dan 2 pada saat jam mentoring AIK maupun ETP berlangsung,” jelas Kepala LBIPU.

Di satu sisi, Wakil Rektor IV UMS Prof. dr. Dr. Em Sutrisna, M.Kes., memberikan semangat bagi mahasiswa baru untuk terus mengasah kemampuannya terutama dalam bahasa Inggris.

“Selagi masih di semester awal makasimalkan penggunaan waktu kalian untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris,” papar Sutrisna.

Dalam kegiatan tersebut Prof. Dr. Anam Sutopo, S.Pd., M.Hum , selaku Sekretaris Rektor menyampaikan sedikit materi mengenai tema yang diangkat yaitu Gen Z, di mana generasi yang mahir dalam teknologi serta tidak lepas dari gadget dan memiliki ambisi yang sangat tinggi.

Memasuki perguruan tinggi, tambahnya, nantinya akan dihadapkan dengan penggunaan bahasa Inggris dan di UMS ini sendiri hampir keseluruhannya menggunakan sistem informasi. Sehingga peluang dan tantangan masuk di perguruan tinggi harus memiliki kompetensi bahasa yang bagus dan memiliki jejak digital yang baik, dan UMS memadai fasilitas tersebut.

“Banyak cara untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris, dan LBIPU memberikan fasilitas tersebut,” jelasnya. (Habibah/Humas)