Inovasi Baru Mahasiswa KKN MAs Kelompok 120 Dorong UMKM Maju

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 5 September 2024 kelompok KKn MAs 120 melakukan beberapa kegiatan lanjutan mengenai UMKM yaitu dengan mendaftarkan NIB, Membuatkan titik google maps dan memberikan banner UMKM. Beberapa UMKM yang ada di desa Ngemplak merasa terbantu dengan pembuatan titik google maps karena dengan kegiatan ini dapat mempermudah penjualan. Mahasiswa juga membantu pembuatan NIB UMKM di Kelurahan Ngemplak yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam mendapatkan memperoleh NIB. Mahasiswa KKNMAs ingin membantu UMKM di Desa Ngombakan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka karena banyak dari mereka belum memiliki NIB.

Mahasiswa KKNMAs juga memberikan kontribusi nyata mereka dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Klumprit. Salah satu inisiatif terbaru mereka adalah kolaborasi dengan pelaku UMKM lokal dalam pembuatan dan pemasangan banner kreatif sebagai langkah strategis untuk memajukan usaha.yang bertujuan agar usaha UMKM terdaftar. Kami juga membuat dan memberikan banner umkm sebagai identitas dari sebuah UMKM.

Warga merasa terbantu dengan adanya kegiatan Mahasiswa yang membantu mengembangkan UMKM. mahasiswa KKN juga membantu UMKM yang ada di desa – desa karanganya terutama dalam pembuatan NIB yang masih banyak belum dimiliki oleh para UMKM.

KKNMAs kelompok 120 (Alfina & Andin)