Inovatif! KKN MAs Kelompok 124 Ciptakan Kolam Ikan Dalam Projek “GEMAR IKAN”

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 26 Agustus 2024 -Senin pagi pukul 09.00 wib Tim 124 KKNMAs Desa Salam membagikan kolam ikan ke beberapa warga yang telah direkomendasikan oleh bidan setempat. Warga yang menjadi sasaran pemberian kolam ikan tersebut ialah warga yang tercatat sebagai penerima PMT (Pembagian Makanan Tambahan) seperti ibu hamil dan beberapa balita yang terkena stunting.

Gemar Ikan merupakan suatu projek yang kami buat dalam rangka membantu menurunkan angka stunting khususnya di Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar. Adapun tujuan dibuatnya kolam ikan ini agar para ibu hamil dan ibu yang memiliki balita sadar akan pentingnya memberikan makanan yang kaya akan nutrisi kepada anak mereka khususnya untuk protein hewani yang dapat membantu mencegah terjadinya stunting pada balita.

Dalam projek “Gemar Ikan” tersebut, kelompok 124 membuat suatu inovasi berupa kolam ikan yang terbuat dari ember atau tong air berukuran 50 liter. Kemudian tutup ember tersebut di lubangi untuk lubang aerator serta di gunakan untuk wadah hidroponik tanaman sawi.

Tim kelompok 124 Desa Salam, berhasil membagikan kolam yang diisi ikan lele ke enam warga Desa Salam, empat diantaranya ibu yang balitanya terkena stunting dan dua ibu hamil. Dalam pembuatan kolam tersebut adapun rekomendasi ide dari Bidan Desa Salam serta dukungan penuh dari DPL.

“Konsepnya sudah bagus, tetapi untuk kendala di lapangan tidak dapat di perkirakan.” Tanggapan dari Bapak Ari Mukti Wibowo selaku DPL kelompok 124.

Dengan dibuatnya kolam tersebut harapan kami semoga para ibu memiliki kesadaran yang lebih tinggi lagi terkait pentingnya protein hewani bagi balita untuk mencegah stunting dan semoga dengan adanya projek “Gemar Ikan” tersebut dapat membantu menurunkan angka stunting di Desa Salam, Karangpandan.

(Novitasari Wulandari/Tim KKNMAs 124)