Jawa Tengah, 27 Agustus 2024 – Kelompok 99 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) Desa Sedayu, Jawa Tengah, melakukan analisis tingkat kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas 2 dan 4 SDN 01 Sedayu melalui soal cerita matematika. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan memberikan data yang dapat digunakan oleh guru dalam menentukan strategi tindak lanjut dalam kegiatan belajar mengajar.
Proses analisis dilakukan dengan memberikan serangkaian soal cerita matematika yang dirancang untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah. Soal-soal tersebut menuntut siswa untuk tidak hanya melakukan perhitungan, tetapi juga untuk berpikir kritis dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian yang tepat.
Anggota Kelompok 99 KKN MAs, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Aurel Bella Febriani, menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk dikembangkan sejak dini. “Kemampuan berpikir kritis adalah fondasi bagi siswa dalam menghadapi tantangan belajar di masa depan. Dengan menganalisis kemampuan ini, kami dapat membantu para guru di SDN 01 Sedayu untuk mengetahui di mana letak kekuatan dan kelemahan siswa, sehingga mereka dapat merancang metode pengajaran yang lebih efektif,” ujar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya itu.
Kepala Sekolah SDN 01 Sedayu, Bapak Suyono, menyambut baik inisiatif ini dan mengapresiasi upaya kelompok KKN dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Para siswa yang mengikuti kegiatan ini juga terlihat antusias dan bersemangat dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. “Meski soalnya menantang, tapi saya senang bisa mencoba menyelesaikannya,” ujar salah satu siswa kelas 4 yang turut serta dalam kegiatan ini.
Dengan adanya analisis ini, diharapkan siswa-siswa di SDN 01 Sedayu dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan akademik di masa mendatang, serta para guru dapat mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata Kelompok 99 KKN dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Sedayu.
(PDD KELOMPOK 99 KKN MAS 2024)