Kenalkan Dunia Arsitektur ke Masyarakat Luas, KMTA Svargacitra UMS Gelar Sala Exhibition Vol.3

ums.ac.id, SURAKARTA – Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) Svargacitra Program studi Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar pameran Sala Exhibition Vol.3 bertajuk “Architecture Diversity” di salah satu Cafe di Kota Surakarta, yang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 7-8 September 2024.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Prodi Arsitektur UMS, yang disampaikan oleh Dosen PIC Sala Exhibition Vol.3, Ar. Erwin Herlian, S.T., M.Ars., IAI.

Dalam sambutannya, Erwin Herlian mengungkapkan, acara yang luar biasa dari teman teman Mahasiswa Arsitektur UMS itu.

“Kami harap, teman teman panitia jangan puas sampai di sini, dan saya berharap, untuk pameran Sala Exhibition di tahun-tahun berikutnya lebih baik lagi,” ungkapnya saat pembukaan Sabtu, (7/9).

Ketua KMTA Svargacitra, Fauzan Khusnazilan Haris mengungkapkan Sala Exhibition itu merupakan sebuah acara rutinan, yang dilaksanakan setiap periode dan hal tersebut menjadi tolak ukur dari teman-teman Arsitektur baik di KMTA maupun himpunan.

“Selain itu, ini juga menjembatani mahasiswa Arsitektur untuk mempromosikan dan juga untuk mengenalkan bagaimana sih bentuk ruang, apa itu bentuk benda, ataupun yang hal lain yang bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat umum,” papar Fauzan mahasiswa Arsitektur UMS angkatan 2022.

Awalnya exhibition ini, lanjutnya, sudah berjalan sejak tahun 2022 pasca Pandemi Covid-19. Ini merupakan agenda ketiga dari KMTA Svargacitra dan acara ini pertama kalinya dilaksanakan di luar kampus.

“Tahun lalu Sala Exhibition pertama dan kedua dilaksanakan di Auditorium Djazman Kampus I UMS, dan Alhamdulillah tahun ini bisa digelar di luar kampus agar dapat mengenalkan ke masyarakat yang lebih luas produk dari mahasiswa Arsitektur,” terangnya.

Fauzan berharap, dengan pelaksanaan di luar kampus dapat lebih mengenalkan dan mempromosikan bahwa lingkup Arsitektur itu lebih luas.

Dalam kesempatan yang sama, SALA Exhibition Vol. 3, Ketua Panitia Muhammad Insanul Kamil menyampaikan persiapan pameran ini sudah dilakukan dari awal Juni.

“Kita dari departemen redekasi dan pameran, membahas konsep dan tema apa yang akan dibawa pada Sala Exhibition tahun 2024 ini. Akhirnya kita memilih untuk mengangkat tema arsitektur diversity atau keberagaman arsitektur,” jelas Ketua Panitia itu.

Kami juga menyampaikan pameran ini menampilkan karya-karya mahasiswa Arsitektur UMS dan komunitas yang ada di Arsitektur UMS terkait dengan kota Solo yang memiliki ciri khas bangunan yang beragam.

“Pada pameran ini kita menampilkan, maket, poster, karya fotografi, sketsa, karya arsitektur profesional. Selain itu, pengunjung dapat merasakan pengalaman interaksi melalui melukis bebas pada kain yang disediakan oleh panitia,” tambahnya.

Tak kalah menarik, pada pameran ini juga menampilkan akustik dari mahasiswa arsitektur yang biasa dikenal “Archistic” untuk memeriahkan acara Sala Exhibition Vol 3. (Fika/Humas)