Keren! Tim KKN MAs 2024 Desa Bakipandeyan Ikut Meriyahkan HUT RI ke-79

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharja 25 Agustus 2024, pada hari minggu tanggal 25 Agustus 2024 Anggota KKN MAs kelompok 15 ikut serta dalam memeriyahkan kegiatan FESTIVAL GUNUNGAN DAN JALAN SEHAT DESA BAKIPANDEYAN yang diselenggaraka oleh pemerintah desa dan karang taruna di desa Bakipandeyan. Kegiatan jalan sehat ini sudah menjadi agenda tahunan desa. Hanya saja berbeda dengan tahun sebelumnya jalan sehat tahun ini disertakan dengan festival gunungan yang bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada.

Kegiatan Festival Gunungan dan Jalan sehat ini dibuka di Kantor Desa Bakipandeyan kemudian warga jalan mengelilingi desa sampai di titik kumpul yang berada di lapangan Baki untuk merebutkan gunungan dan pembagian kupon hadiah, untuk titik akhir pembagain hadiah undian berada di kantor desa lagi.

Dalam kegiatan Festival Gunungan dan Jalan Sehat ini terdapat 6 gunungan yang meniliki isi dan makna yang berbeda-beda, yaitu: Gunungan Sayur yang menunjukkan hasil sayur yang ada di desa bakipandeyan subur, Gunungan buah yang menunjukkan hasil buah yang ada di desa bakipandengan beragam, Gunungan perabot rumah tangga ini menunjukkan bahwa kekeluargaan di desa bakipandeyan sangat erat, Gunungan jajanan ini ditunjukkan untuk anak anak kecil yang ikut serta dalam kegiatan ini, Gunungan sabun dan sampo ini menandakan di desa bakipandeyan ini adalan desa yang bersih, Gunungan polowijo menunjukkan hasil bumi di desa bakipandeyan melimpah

( KKN MAs Desa Bakipandeyan, Kelompok 15 )