Keren! Tim PKM KI Prodi Kesmas dan Fisioterapi UMS Adakan Pengabdian di Korea Selatan

ums.ac.id, SURAKARTA —Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PKM KI) Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan Fisioterapi mengadakan pengabdian di Korea Selatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi berkaitan dengan kesehatan.

Tema yang diangkat untuk kegiatan ini adalah Pendampingan Kesehatan Jasmani dan Rohani Terkait Work-Related Muscolesketal Disorder (WMD) Bagi Migran Indonesia di Seoul, Korea Selatan. Rangkaian kegiatan berlangsung sejak 30 Juli hingga 31 Agustus 2024 yang dilakukan secara daring dan luring.

Kegiatan ini diawali dengan kajian online dengan agenda topik opening speech dari Ahmad Rajali, M.H.I., selaku ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Korea Selatan dan dr. Yessie Kualasari, MKKK. Hadir pula narasumber terkait Kajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Suwinarno S.Ag.MPI dengan materi “Manfaat Gerakan Sholat bagi Kesehatan. Kemudian materi terkait kesehatan khususnya makan sehat dan angin duduk penyebab kematian mendadak disampaikan oleh Ibu Mitoriana Porusia, S.K.M, M.Sc., secara daring.

Ketua PCIM Korea Selatan, Ahmad Rajali, M.H.I dalam opening speech nya,
Minggu (25/8) menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang adanya edukasi dan pengabdian ini, di mana hal ini sangat bermanfaat bagi pekerja di sini yang memiliki beban kerja yang berat sehingga memiliki berbagai permasalahan diantaranya mengenai keluhan kerja, makanan yang sehat dan kematian yang mendadak (angin duduk).

“Kami juga menyambut hangat dan senantiasa menunggu kedatangan teman-teman semua untuk kegiatan pengabdian ini di Korea Selatan,” tambahnya.

dr. Yessie Kualasari, MKKK, selaku atase Tenaga Kerja KBRI Seoul 2021-Juli 2024 turut menyampaikan sambutannya, meskipun sudah purna dalam masa kepengurusan nya namun dirinya merasa senang dengan adanya program ini. Dia berharap, kegiatan demikian dapat menambah wawasan bagi para pekerja khususnya di bidang kesehatan.

Selain agenda online, pengabdian ini juga diadakan offline dengan peserta Mitoriana Porusia, S.K.M,. Msc. selaku Dosen prodi Kesehatan Masyarakat, Arif Pristianto, SSt.FT., Ftr., M.Fis., selaku dosen prodi Fisioterapi beserta 4 mahasiswa dari kedua prodi tersebut.

“Sesi kegiatan agenda offline yaitu agenda pelatihan fisik dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di masjid Abdurrahman bin Auf Gimpo, Korea Selatan dengan opening speech Ahmad Rajali, M.H.I, selaku PCIM Korea Selatan dan H. Huda Ulin Nuha Al Amin selaku Rais Syuriah PCNU Korea Selatan periode 2024-2026,” jelas Arif Pristianto saat menerangkan kembali runtutan kegiatan, Kamis (12/9).

Hadir pula para pengurus dan anggota dari FORKOMASI yang merupakan forum komunikasi organisasi-organisasi massa/ormas warga Indonesia di Korea Selatan.

Selain itu ada juga agenda penyampaian materi dengan pembicara Arif Pristianto, M.Fis dengan tema “Pelatihan Atasi Keluhan Fisik Akibat Kerja”. Dalam sesi materi ini, dilakukan edukasi terkait persiapan kondisi tubuh sebelum melakukan aktivitas maupun pekerjaan. Selain itu juga diadakan simulasi program latihan yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang hadir.

Dosen Fisioterapi UMS itu menyampaikan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan serta pre dan post-test. Yang menarik, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis seperti cek gula darah dan kolesterol serta sesi konsultasi Fisioterapi oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UMS.

Para peserta maupun pengurus organisasi Masyarakat di Korea Selatan merespon positif kegiatan dan berharap dilakukan kegiatan lanjutan yang berkesinambungan. (Maysali/Humas)