KKN MAs 2024 Edukasi Remaja Pranikah Desa Koripan tentang Pencegahan Stunting

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR – Tim KKNMAs 2024 Kelompok 131 mengadakan penyuluhan stunting yang inovatif, memberdayakan remaja pranikah dalam upaya pencegahan stunting di Desa Koripan.

Peserta KKNMAs dari Kelompok 131 yang ditempatkan di Desa Koripan, Kabupaten Karanganyar melaksanakan program penyuluhan stunting pada Sabtu (24/8/2024). Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Koripan ini dihadiri oleh 50 peserta, termasuk perwakilan karang taruna, perangkat desa, dan perwakilan kepala dusun se-Desa Koripan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini mengangkat tema “Cegah Stunting Itu Penting”. Masyarakat desa, khususnya remaja pranikah, turut berpartisipasi aktif dalam penyuluhan ini. Ketua Tim KKN 131 menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan remaja pranikah tentang stunting dan cara pencegahannya.

“Melalui penyuluhan ini, kami membahas mengenai pentingnya nutrisi seimbang dan persiapan pranikah dalam mencegah stunting,” paparnya. Program penyuluhan ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan atas masih tingginya angka stunting di Indonesia dan pentingnya edukasi sejak dini.

Diharapkan, melalui program yang telah dilaksanakan ini dapat memberdayakan remaja pranikah dalam upaya pencegahan stunting di Desa Koripan. Di bawah koordinasi tim KKN, rangkaian acara berjalan lancar, dimulai dari penyambutan tamu, pembukaan resmi, hingga penyampaian materi oleh Putri Wafa, mahasiswa Program Studi Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Inovasi tim KKN juga terlihat dari penayangan video olahan makanan berbasis kearifan lokal, yaitu dimsum jamur kuping yang kaya gizi, menunjukkan kreativitas dalam menggabungkan edukasi dengan potensi lokal.

Kepala Desa Koripan memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan. “Saya merasa kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh tim KKN MAs 131 ini sangat bermanfaat dan sukses dalam menyampaikan informasi penting kepada remaja kami,” paparnya.

(Kelompok 131, Desa Koripan, Kabupaten Karanganyar)