KKN MAs 2024 Kelompok 75: Sukses melaksanakan program kerja Pemasangan Benner UMKM di Desa Kayuapak

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo, 01 September 2024 – Kelompok 75 KKN MAs kembali telah melaksanakan program kerja utama berupa aksi nyata yaitu pemasangan benner di 5 UMKM yang terdapat di Desa Kayuapak.

Desa Kayuapak di wilayah Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menawarkan potensi luar biasa dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi lokal.

UMKM yang terdapat di Desa Kayuapak tergolong lumayan banyak, seperti kerupuk rambak, peternakan ayam, peternakan sapi, tambal ban, bengkel las, pembuatan snack, pembuatan bucket bunga, dan mebel kayu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi pemilik UMKM yang ada di Desa Kayuapak dalam hal Pembuatan dan Pemasangan Banner Usaha UMKM.

Melalui pertimbangan yang dilakukan setelah kegiatan survei tersebut, diperoleh 5 UMKM yang layak dan membutuhkan dukungan banner usaha. Kriteria layak yang dimaksud adalah UMKM belum mempunyai banner usaha. Adapun 5 UMKM tersebut diantaranya :
1. Hanik Snack
2. Kerupuk Rambak Mbah Atmo
3. Bucket Bunga Ibu Paris
4. Bengkel Las Mandiri
5. Tambal Ban Mas Dandung

Antusiasme para pemilik UMKM terlihat selama prosesi pemasangan banner, seperti memantau serta mengkoordinir letak posisi banner yang sesuai dengan keadaan tempat. Pemilik UMKM juga mengucap syukur dan berterima kasih atas bantuan pemberian banner usaha tersebut.

Kelompok 75 KKN MAs berharap Pemasangan banner ini bisa membuat UMKM lebih dikenal oleh masyarakat secara umum, sehingga membantu meningkatkan potensi dan daya saing UMKM yang bersangkutan.

(TIM PDD // Kelompok 75, Desa Kayuapak)