KKN MAs Beri Edukasi Gizi Sejak 1.000 Hari Pertama Kehidupan: Investasi Terbaik untuk Cegah Stunting di Balai Desa Manisharjo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo Hari Selasa (3/9), kami tim KKNMas 28 Manisharjo melakukan penyuluhan pencegahan stunting bagi Ibu-Ibu yang sedang hamil dan program hamil. Untuk mencegah stunting, langkah terbaik adalah memulai upaya pencegahan sejak awal kehamilan. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan zat besi dan asam folat melalui makanan bergizi, guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsultasikan kandungannya dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Zat besi dan asam folat adalah nutrisi penting yang harus dipenuhi ibu hamil. Zat besi mencegah anemia yang dapat menghambat pertumbuhan bayi, seperti brokoli, bayam, dan kacang merah. Disamping itu asam folat memastikan perkembangan otak bayi yang optimal, dengan mengonsumsi pepaya, alpukat, jeruk, bit, brokoli, dan selada.

Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang nutrisi sangat menentukan status gizi janin. Dengan pengetahuan yang cukup, ibu dapat menyusun menu makanan seimbang yang kaya nutrisi, sehingga dapat mencegah terjadinya stunting pada bayi. Agar proses tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan optimal, ia perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup di 1000 hari pertama kehidupannya, yakni sejak masih menjadi janin hingga usia sekitar 2 tahun.

“Calon ibu diharapkan untuk menguasai pemahaman akan pentingnya konsumsi nutrisi untuk memenuhi gizi sang janin untuk mencegah terjadinya stunting pada bayi nanti.”, ucap ibu Bidan Manisharjo.

[KKNmas 28, Manisharjo]