KKN MAs Kelompok 50 Memperkenalkan Bahaya Link Phishing dan Pengenalan JKN Mobile di Desa Sapen

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah ‘Aisyiyah (MAs) 50 baru-baru ini melaksanakan program kerja yang sukses dengan melakukan Sosialisasi Bahaya Link Phishing dan Pengenalan JKN Mobile kepada Ibu PKK Desa Sapen, Sukoharjo, Jawa Tengah pada 27 Agustus 2024. Acara yang berlangsung di Balai Desa Sapen ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya link phishing yang sering beredar melalui media WhatsApp dan memperkenalkan aplikasi JKN Mobile yang dapat mempermudah akses kesehatan.

Sosialisasi ini dipandu oleh Anita Zahara, mahasiswa Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD), yang memberikan pemahaman dasar tentang jenis-jenis kejahatan digital, cara pencegahan, serta penggunaan aplikasi JKN Mobile. Peserta, yang sebelumnya tidak familiar dengan bahaya link phishing dan aplikasi JKN Mobile, mendapatkan penjelasan mendalam mengenai materi tersebut.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta, yang mengapresiasi informasi yang diberikan terkait dengan dukungan sarana kesehatan dan upaya pencegahan link phishing. Di samping itu, sosialisasi ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat Desa Sapen untuk lebih aktif memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung kesehatan dan pelayanan publik.

Dengan terselenggaranya program ini, mahasiswa KKN MAs 50 berharap dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pemberdayaan masyarakat Desa Sapen, khususnya dalam meningkatkan keterampilan digital mereka.

(Tim KKN MAs 50)