KKN MAs Tim 146 Gelar Sosialisasi Eco Enzyme dan Ember Tumpuk untuk Ibu-Ibu PKK Desa Jatirejo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) Kelompok 146 mengadakan sosialisasi eco enzyme dan ember tumpuk bagi ibu-ibu PKK Desa Jatirejo. Acara dilaksanakan pada saat perkumpulan rutin ibu-ibu PKK seluruh dukuh yang diadakan tiap satu bulan sekali. Kegiatan ini bertempat di Aula Balai Desa Jatirejo dan materi sosialisasi disampaikan langsung oleh mahasiswa KKN MAs yang berasal dari Program Studi Agroteknologi dan Teknik Elektro.

Sesi pertama sosialisasi dimulai dengan penyampaian materi terkait definisi eco enzyme atau yang biasa dikenal dengan garbage enzyme. Kemudian juga dipaparkan cara pembuatan eco enzyme dan pemberian contoh hasil eco enzyme yang sebelumnya sudah dibuat oleh tim KKN MAs 146 ketika di posko. Tak hanya itu, mahasiswa KKN MAs juga menjelaskan terkait sampah organic yang adapat digunakan untuk pembuatan eco enzyme tersebut.

Sesi kedua disampaikan materi terkait cara pengolahan sampah skala rumah tangga untuk dijadikan pupuk cair. Dalam hal ini pemateri menggunakan media ember tumpuk sebagai alat peraga presentasi. Hal ini bertujuan agar ibu-ibu peserta sosialisasi dapat mudah memahami penjelasan mengenai topik yang dibahas.

Melalui sosialisasi tersebut, Tim KKN MAs 146 berharap agar masyarakat Desa Jatirejo memanfaatkan limbah organik rumah tangga untuk diversifikasikan menjadi suatu hal yang berguna untuk diri masyarakat utamanya dan lingkungan pada umumnya. Sosialisasi ini juga diharapkan membantu para petani jambu di daerah ini untuk terus menggunakan pupuk organik sebagai penyubur tanah, yakni dari limbah jambu biji kemudian menjadi pupuk cair organik.

Salah satu peserta sosialisasi menyampaikan testimoni terkait kegiatan yang telah dilaksanakan. “Saya merasa sangat beruntung mengikuti sosialisasi sekaligus pelatihan ini. Saya juga dapat resep cara pembuatan eco enzyme dan ember tumpuk, dulu saya pernah membuat eco enzyme tetapi kurang sempurna. Melalui sosialisasi ini saya merasa sangat terbantu untuk menyempurnakan eco enzyme yang pernah saya buat sekaligus saya ucapkan terima kasih kepada mas dan mbak KKN yang telah memberikan ilmunya untuk ibu-ibu PKK di Desa Jatirejo ini,” terang Yamti selaku Pengurus PKK Desa Jatirejo.
(Tsulusiyah)