KKN MAs Tim 28 Desa Manisharjo Ajak Generasi Muda Peduli, Mahasiswa Bantu Bersihkan Sungai dari Sampah

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Kamis (31/08/24) Untuk mengoptimalkan fungsi sungai sebagai saluran air perwakilan bapak Marianto BPD Manisharjo dan sembilan mahasiswa menggelar aksi bersih-bersih di Sungai Jelantah yang melintasi desa Menggung Gudang Kelurahan Manisharjo. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kepedulian alam.

Aliran awal Agustus masih lumayan kencang alirannya tetapi di akhir ini kering. Aliran kecil sehingga tidak mampu mengalir di Manisharjo yang jalan airnya tinggi. Sungai ini digunakan untuk membantu aliran sawah. Induknya (hulu) berasal Karanganyar dan hilir dari Bengawan Solo.

Dalam pembuatan SK (Surat Keterangan) jangan pembuangan sampai di sungai dan jangan meracuni ikan di sungai yang akan dipasang disekitar Sungai Jelantah. Upaya ini difokuskan untuk masyarakat terbuka hatinya dalam melindungi kebersihan sungai.

Upaya ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan diperlukan kerjasama masyarakat dangan semua pihak. Kegiatan yg dilaksanakan yaitu membersihkan sampah yang mengendap di sungai Jelantah agar aliran sungai menjadi lancar, sungai perlu dijaga dan dirawat bersama. Sebab jika sungai bersih, air bisa dimaanfaatkan, termasuk sisi lain bisa jadi sarana rekreasi. Untuk itu, kita tentu sepakat sama-sama menjaga sungai ini bersih dari sampah.

[KKNMas 28 Desa Manisharjo]