Kreatif! Kolaborasi KKN MAs Desa Wonorejo, Mahasiswa Bersama Warga Bikin Tong Sampah Tanpa Asap

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 29 Agustus 2024 – Kamis Siang pukul 10:00 KKN MAs bersiap untuk mengunjungi posko KKN MAs Desa Karangsari. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk membuat proker berkaitan dengan Teknologi Tepat Guna. Teknologi yang dimaksud adalah pembuatan tong Sampah tanpa asap. Sebelumnya ketua dari posko 88 sudah melakukan pertemuan untuk membahasa proker ini sebelum kemudian disetujui bersama.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat tong sampah ini diantaranya ; Drum bekas, bor, gerinda, dan peralatan las lainnya. Pembuatan dilakukan secara bersama baru kemudian di modifikasi ke tukang las terdekat untuk membentuk model. Bahan drum yang tajam membuat pekerja harus ekstra hati-hati.

Pembuatan tong sampah ini selesai pada sore hari. Setelah disusun sesuai dengan desain barulah kemudian di uji coba untuk mengetahui apakah hasilnya sesuai dengan realita atau justru sebaliknya. Setelah dilakukan uji coba, kurang lebih hasilnya sesuai dengan harapan meskipun masih menghasilkan sedikit asap. Namun untuk pertama kali percobaan dapat dikatakan berhasil dan akan dilakukan uji coba kedua di waktu yang akan datang oleh kedua kelompok.

( KKN MAs Desa Wonorejo)