Kreatif! Tim KKN MAs 95 Ajarkan Ketrampilan Kerajinan dari Bahan Alam di SDN 02 Tlobo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 27 Agustus 2024 – Tim KKN MAs kelompok 95 melakukan kunjungan ke SDN 2 Tlobo yang bertujuan untuk mengadakan kegiatan totebag ecoprint. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, kami sudah meminta izin kepada kepala sekolah dan responnya sangat senang atas kegiatan ini.

Ecoprint berasal dari kata eco dari kata asal ekosistem (alam) dan print yang artinya mencetak. Maka Ecoprint merupakan teknik pencetakan alami yang menggunakan bahan-bahan alam / bahan ramah lingkungan untuk membuat karya seni yang dibuat di atas kain.

Ecoprint dilakukan dengan cara bahan yang digunakan dipukul-pukul menggunakan batu di atas totebag kain. Bahan yang digunakan haruslah yang dapat mengeluarkan air dan warna supaya dapat menempel ke kain. Bahan ecoprint yang kami gunakan berasal dari daun-daunan dan bunga.

Dalam kegiatan ini kami mengajarkan kepada anak-anak kelas 2 dan 3 yaitu terdapat 20 siswa yang kami bagi menjadi 4 kelompok. Semua siswa sangatlah berantusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Kreatifitas ditunjukkan semua siswa dalam menyusun kerajinan tersebut.

Setelah selesai mengerjakan ecoprint dilanjutkan dengan pembagian suplemen vitamin dan juga snack. Diharapkan dari kegiatan dapat memberikan manfaat dengan kerajinan tersebut dapat digunakan sehari-hari dan memberikan kesan kenangan yang terindah.

(Tim KKN MAs Kelompok 95 Desa Tlobo)