Luluskan 411 Calon Wisudawan, FEB UMS Gelar Pembekalan

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pembekalan dan pelepasan bagi calon alumni yang akan mengikuti Wisuda Periode I Tahun 2024/2025. Pembekalan ini diikuti oleh 411 calon alumni yang diadakan di Auditorium Mohamad Djazman UMS, Rabu (18/9).

Wakil Dekan I FEB UMS Dr. Muzakar Isa, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa ini merupakan momen-momen yang menyenangkan dan ditunggukan oleh mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

Pada periode ini, calon wisudawan didominasi oleh perempuan sebanyak 222 dan laki laki sejumlah 189 dengan lulusan terbanyak dari Prodi Akuntansi dengan jumlah 164.

Pada kesempatan tersebut, Isa juga menyapa calon lulusan dari luar negeri yang pada kesempatan tersebut hadir langsung mengikuti pembekalan.

Dekan FEB UMS Prof. Dr. Anton Agus Setyawan, S.E., M.Si., juga menyampaikan pesannya kepada calon alumni baru FEB UMS ini.

“Ini bukan akhir dari satu proses yang panjang dari kehidupan. Ini adalah awal dari proses itu, awal masuk yang disebut sebagai dunia nyata, terjun ke masyarakat, anda akan menjadi profesional, mungkin anda akan menjadi pengusaha, menjadi ilmuwan, semua pilihan hidup/karier itu berada di tangan anda sekalian,” pesannya.

Anton menegaskan, ilmu yang didapatkan semasa menjadi mahasiswa UMS ini menjadi bekal tetapi juga menjadi tanggung jawab sebagai lulusan dalam artian harus memberikan kontribusi, sumbangan positif bagi masyarakt, bangsa, dan ummat.

Dia juga berpesan, apakah nanti kehidupan setelah kuliah itu berat, pandang itu sebagai tantangan. Karena calon wisudawan ini adalah para generasi yang sekarang dituntut untuk punya lebih banyak keahlian dan keterampilan.

“Anda memang generasi yang sekarang dituntut untuk lebih punya banyak keterampilan, kompetensi, punya banyak keahlian. Tapi saya yakin karena kalian ini Gen Z, salah satu keunggulannya adalah anda pembelajar yang cepat dibandingkan Generasi X kayak saya,” ujar Anton.

Saya yakin anda semua akan sukses karena bekal kalian lengkap.

Lulusan Terbaik FEB UMS diraih oleh Fairuz Ashma Nabila dari Prodi Manajemen Kelas Internasional program Double Degree.

“Perjalanan kita sebagai mahasiswa memang akan segera berakhir, sebentar lagi kita akan terjun ke dunia kerja yang dinamis dan penuh tantangan. Namun saya yakin dengan bekal ilmu yang kita miliki, kita mampu bersaing dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara,” ungkap mahasiswa dengan IPK 3.95 itu.

Akan tetapi, lanjutnya, jangan sampai kita melupakan pentingnya adab dan akhlak.

Pada pelepasan calon alumni FEB UMS ini juga diadakan pembekalan oleh Muhamad Iqbal, S.E., yang merupakan lulusan Prodi Manajemen UMS 1991 dan sebagai Ketua Ikatan Alumni Manajemen UMS. (Maysali/Humas)