Mahasiswa KKN MAs Beri Demonstrasi Pangan Lokal Bergizi Cegah Stunting di Desa Jatipurwo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Jum’at – 23 Agustus 2024, telah dilaksanakan kegiatan Demonstrasi Pangan Lokal dan Bergizi di Desa Jatipurwo dengan pemanfaatan pangan lokal Singkong menjadi produk makanan Inovasi Kroket Singkong Berprotein sebagai salah satu cemilan pencegahan stunting. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Balai Desa Jatipurwo pada pukul 11.00 WIB hingga 12.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Jatipurwo, Ibu PKK Desa Jatipurwo, Bidan Desa Jatipurwo, dan para Kader Gizi desa Jatipurwo yang berjumlah 35 anggota.

Dalam upaya mengatasi masalah stunting yang masih menjadi tantangan serius di Desa Jatipurwo, acara demonstrasi ini dilaksanakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan konsumsi pangan lokal yang bergizi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya asupan gizi seimbang dan manfaat pangan lokal dalam pencegahan stunting.

Kegiatan acara dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Dr. Harno selaku Kepala Desa Jatipurwo, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bidan Desa Jatipurwo yaitu Ibu Endang Yuliyantu Amd., Kep. Kemudian dilanjutkan oleh Zalanda Vidyani Arla selaku tim KKN MAs kelompok 83 yang memiliki latar belakang jurusan S1 Gizi, beliau memberikan penjelasan tujuan kegiatan dan informasi tentang pentingnya pencegahan stunting melalui pangan lokal bergizi.

Kegiatan demonstrasi dimulai dengan beberapa step yaitu;
– Penyajian berbagai resep menggunakan bahan pangan lokal singkong yang berlimpah di Desa Jatipurwo
– ⁠Paparan mengenai kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari bahan-bahan yang digunakan.
– ⁠Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber mengenai cara-cara meningkatkan pola makan bergizi menggunakan bahan lokal.
– ⁠Sharing dan diskusi dengan cara peserta berbagi pengalaman tentang penerapan pangan lokal dalam pola makan sehari-hari.
– Terakhir kesimpulan dan harapan dari penyelenggara mengenai tindak lanjut dari kegiatan ini

Acara demonstrasi pangan lokal bergizi ini berhasil mencapai tujuan utamanya yaitu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan lokal untuk mencegah stunting. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan mengimplementasikan pola makan bergizi dalam kehidupan sehari-hari, serta berperan aktif dalam upaya pencegahan stunting di Desa Jatipurwo.

(Tim KKN-MAs 2024 Kelompok 83 Jatipurwo)