Mahasiswa KKN MAS Kelompok 11 Desa Trangsan Melakukan Kegiatan Belajar Mengajar di MIM Desa Trangsan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo (13 Agustus 2024). Salah satu program kerja dalam bidang pendidikan dari KKN MAS Kelompok 11 Desa Trangsan adalah melakukan kegiatan belajar mengajar di salah satu MIM yang ada di Desa Trangsan. Program kerja ini dinamakan “KKN Mengajar” dalam bentuk Proker AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) yang diadakan di MIM Trangsan.

Pembelajaran yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN MAS mencakup dua materi pembelajaran dengan konsep belajar sambil bermain, yaitu tentang Pengertian Ulul Azmi dan Pengenalan Bullying.

Pada materi tentang Ulul Azmi, siswa diajarkan tentang pengertian Ulul Azmi. Dari pengajaran ini, siswa dapat belajar tentang sifat-sifat Ulul Azmi yang dapat memberikan banyak pelajaran dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Ulul Azmi merujuk kepada para nabi yang memiliki keteguhan luar biasa dalam menghadapi cobaan dan tantangan. Mereka adalah Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad SAW. Beberapa sifat yang dapat dipelajari dari mereka dan penerapannya adalah: kesabaran, keikhlasan, keteguhan iman, pengorbanan, ketekunan, dan kedisiplinan. Sifat-sifat Ulul Azmi ini bisa menjadi teladan dalam meningkatkan kualitas diri, baik dalam hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, maupun dalam menjalani tugas kehidupan.

Pada materi Pengenalan Bullying, siswa diajarkan tentang apa itu bullying, jenis-jenis bullying, penjelasan tentang cara pencegahan bullying, dan kesadaran pelaku bullying.

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 3 di MIM Desa Trangsan. Kegiatan ini dirampungkan dalam dua hari pertemuan pembelajaran oleh tim mahasiswa KKN MAS 11. Metode kegiatan yang dilakukan diawali dengan menonton bersama di kelas dengan materi Ulul Azmi. Setelah itu dilanjutkan dengan pengisian materi. Setelah penyampaian materi selesai, siswa diminta menyimak dan diberikan pertanyaan terkait materi tersebut. Harapannya agar siswa dapat memahami materi tentang Ulul Azmi dan Pengenalan Bullying.

( TIM 11 KKN MAs 2024 Desa Trangsan )