Mahasiswa KKN MAs Kelompok 15 Kuatkan Literasi Digital Lewat Edukasi Anti-Bullying dan Praktik Pembuatan Poster melalui Platform Canva

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Melihat perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, mahasiswa KKN MAs kelompok 15 yaitu Zaffa Eka Pramesti yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA melakukan edukasi anti-bullying dan melakukan praktik pembuatan poster melalui platform Canva di SD Negeri Bakipandeyan 01 pada tanggal 27 Agustus 2024.

Hal ini dilakukan karena melihat perkembangan teknologi yang membuat pembelajaran harus berinovasi dalam mengembangkan keterampilan digital sebagai hasil kreativitas dan inovasi siswa. Semakin maraknya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang ada juga membuat krisis moral dan etika di kalangan siswa-siswi. Upaya preventif harus terus dilakukan secara nyata salah satunya dengan edukasi anti-bullying. Sebuah langkah kecil menciptakan sekolah sebagai tempat yang aman dan menyenangkan untuk semua.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 siswa di kelas 6B dengan dibagi menjadi 4 kelompok. Sebelum memberikan materi, mahasiswa KKN MAs memberikan pre-test untuk melihat pengetahuan awal siswa-siswi. Penyampaian materi dilakukan dalam bentuk ceramah dengan media power point. Kegiatan edukasi dilakukan dengan menjelaskan informasi mengenai definisi bullying, jenis-jenis bullying, serta cara mengatasi dan mencegahnya.

Setelah pemberian edukasi, tim KKN Kelompok 15 memberikan sebuah tutorial bagaimana cara mengaplikasikan Canva sebagai media digital yang kreatif dan mudah digunakan. Saat penyampaian tutorial para siswa siswi juga turut mempraktekkan pembuatan poster digital tersebut. Penyampaian tutorial ini berkaitan dengan cara memilih jenis desain yang tepat, penambahan elemen, gambar, teks, dan sebagainya. Siswa-siswi terlihat sangat antusias dan terlihat adanya kerjasama tim yang baik.

Kegiatan diakhiri dengan memberikan post-test dan menyanyikan lagu anti-bullying. Sebagai tindak lanjut pembuatan poster yang sudah dilakukan, tim KKN MAs Kelompok 15 memberikan sebuah kenang-kenangan berupa poster cetak yang sudah dibuat oleh siswa-siswi supaya poster tersebut bisa dipajang di mading kelas, serta pemberian sertifikat penghargaan untuk SD Negeri Bakipandeyan 01.

( KKN MAs Desa Bakipandeyan, Kelompok 15 )