Mahasiswa KKN MAs Tim 115 Sukseskan Program Peningkatan Ekonomi: Dari Rumah ke Dunia, UMKM Go Global.

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 28 Agustus 2024 – Tim KKN MAs kelompok 115 menyelenggarakan salah satu program utama KKN MAs 2024 yaitu peningkatan UMKM. Tema yang diusung oleh kelompok 115 yaitu “Dari Rumah ke Dunia, UMKM Go Global”.

Pelaksanaan program peningkatan UMKM dilaksanakan di GOR Kantor Balai Desa Bakalan pada pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB. Sosialisasi yang bertema “Dari Rumah ke Dunia, UMKM Go Global” itu dihadiri oleh anggota karang taruna dari beberapa dusun. Dusun yang mengirimkan perwakilan karang taruna mereka yaitu Dusun Pijenan, Dusun Bakalan, Dusun Jatirogo, dan Dusun Pulesari.

Sosialisasi diawali dengan sambutan dari Adzar, selaku ketua kelompok 115 dan Pak Kristanto, selaku Kepala Desa Bakalan. “Pandailah melihat peluang yang ada di Desa. Bahwa kita bisa bisnis usaha untuk ibadah. Jangan senang jadi pegawai, tapi haruslah membuat pegawai,” pesan dan wejangan dari Pak Kristanto.

Pembicara yang diundang di sosialisasi peningkatan UMKM ini adalah Pak Muhammad Sholahuddin, SE, M.Si., Ph.D., CSBA, yang juga merupakan dosen pendamping lapangan KKN MAs kelompok 115. Pak Sholah memberikan motivasi kepada para muda mudi Desa Bakalan supaya memiliki minat ber-UMKM. Pemasaran Digital menjadi materi yang diberikan Pak Sholah kepada para generasi muda Desa Bakalan.

Setelah sosialisai, acara dilanjutkan dengan pembuatan totebag ecoprint yang dipraktikkan langsung oleh seluruh peserta yang hadir. Totebag ecoprint tersebut nantinya dapat dijadikan souvenir dan produk jual yang dapat meningkatkan UMKM Desa Bakalan khususnya pada generasi muda. Peserta terlihat sangat antusias dalam praktik pembuatan totebag ecoprint.

(Tim KKN MAs Kelompok 115 Desa Bakalan)