Menyenangkan, KKN MAs Tim 36 Desa Bendosari bersama Anak-anak SDN 01 Bendosari melakukan Pembelajaran Edukasi Ecoprint dengan Tootbag

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Pelaksanaan Edukasi Ecoprint ini bertempat di SDN 01 Bendosari pada Sabtu, 24 Agustus 2024 pada pagi hari. Edukasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada para anak-anak SDN 01 Bendosari bahwa dari alam sekitar kita juga bisa di jadikan karya seni yang indah dengan menggunakan daun atau bunga yang bisa mengeluarkan warna untuk mengkreasikan sebuah barang yang disini kami menggunakan Tootbag sebagai barang untuk di hiasnya dan kreatifkan oleh para anak-anak SDN 01 Bendosari menggunakan daun dan bunga di alam sekitar.

Antusiasme anak-anak pun sangat baik dengan berbagai macam daun hingga bunga yang di bawa oleh masing-masing dari mereka yang akan menciptakan warna-warna yang indah. Proses agar daun atau bunga itu bisa mengeluarkan warna tersebut yaitu dengan menempelkan daun atau bunga tersebut ke Tootbag polos tersebut lalu di lapiskan dengan plastik bening sebagai pembatas agar tidak langsung mengenai fisik dari daun atau bunga tersebut yang bisa menyebabkan warna tersebut tidak muncul, setelah itu di pukul-pukul dengan ritme yang sedang saja agar tidak merusak tekstur dari daun atau bunga tersebut. Penekanan yang dilakukan pada objek daun atau bunga tersebut bisa menggunakan palu kayu atau batu agar warna dari daun atau bunga tersebut keluar dan menghasilkan warna yang indah pada Tootbag polos putih tersebut.

Setelah dilakukan proses penekanan tersebut dan semua warna dari daun atau bunga tersebut keluar, diamkan terlebih dahulu untuk mengeringkan warna yang dihasilkan berkisar 10-15 menit dan setelah itu didiamkan selama waktu tersebut barulah karya seni yang di hasilkan oleh daun atau bunga tersebut dengan proses Ecoprint bisa digunakan.

_*By : Tim KKN MAs 36 Desa Bendosari*_