Merupakan “Kawan Lama”, Dosen Praboromarajchanok Institute Thailand Adakan Kuliah Umum Bagi Maba Kesmas UMS

ums.ac.id, SURAKARTA – Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Kuliah Umum bertajuk Primary Health Care: “Lessons Learned From Thailand Improving Public Health”, yang berlangsung di Ruang Kuliah FIK UMS, pada Selasa (3/9).

Kuliah umum ini diisi oleh Dr. Phanuwat Sriyota, yang merupakan dosen dari Sirindhorn Collage of Public Health Khon Kaen (PBRI-SCPHKK) – Praboromarajchanok Institute, Thailand, tesebut membahas mengenai Comunity Care and Health Promotion Intervention, yang dikenalkan kepada mahasiswa baru Kesmas UMS.

Dr. Yuli Kusumawati, S.KM., M.Kes(Epid) selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Kesmas UMS menyebutkan bahwa Sirindhorn Collage of Public Health Khon Kaen merupakan “kawan lama”, yang mana sebelumnya Kesmas UMS telah lebih dulu berkunjung dan melakukan pengabdian disana.

“Dulu kita pernah kesana (Sirindhorn Collage of Public Health), kemudian beliau-beliau balik pengen kesini (UMS). Ingin menjalin kerjasama untuk penelitian, publikasi,” jelas Yuli.

Yuli juga menjelaskan bahwa primary health care yang menjadi topik pada kuliah umum tersebut merupakan pengenalan konsep perbedaan kesehatan masyarakat dan kedokteran. Dia menjelaskan bahwa Kesmas mempunyai fokus dalam pencegahan, sosialisasi, penanganan kesehatan kepada masyarakat.

“Kalo kedokteran konsepnya adalah pengobatan, dan subjeknya personal. Ini tadi menjelaskan bahwa public health itu ngurusin orang yang sehat. Subjek permasalahan di masyarakat yang lebih besar,” lanjut Yuli.

Dengan demikian, Phanuwat menyebutkan terdapat beberapa sekelompok profesional dari berbagai disiplin ilmu dan spesialisasi yang berperan pada public health, di antaranya, Penyedia Layanan Kesehatan, Guru/ Konsultan/ Konselor, Coordintor/ Supporter, Gatekeeper, Role Model, Advocate/ Community Leader, dan pemimpin berpikiran terbuka yang ingin belajar sesuatu yang baru.

“Memberdayakan keterampilan, meningkatkan kelompok atau komunitas lokal seperti keterampilan pengambilan keputusan, kepemimpinan, dan keterampilan pemecahan masalah,” jelas Phanuwat.

Selain kuliah umum, tim dari Sirindhorn Collage of Public Health Khon Kaen yang terdiri dari Dr. Warangkana Chompoopan (Deputy Director of SCPH-KK), Duangruedee Chotklang (Head of Public Health Community Program), Dr. Phanuwat Sriyotha & Pattarin Hompluem (Lecturer), dan Chananporn Sakundech & Kanyarat Tadee (Student), juga akan melakukan Advisory Board of Curriculum dan juga Benchmark Research Collaboration bersama Prodi Kesmas UMS. (Eva/Humas)