Permudah Kenali Anatomi Tulang Manusia, Mahasiswi UMS Luncurkan Website “JELAJAH TULANG”

ums.ac.id, SURAKARTA – Program Studi Fisioterapi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan bangga mengumumkan peluncuran Website Pembelajaran Interaktif Mengenai Tulang Manusia : JELAJAH TULANG, yang merupakan sebuah platform media pembelajaran online untuk mempermudah siswa dalam mempelajari anatomi tulang manusia. Platform ini diinisiasi oleh Ouwada Aiko Suda, mahasiswi Program Studi Fisioterapi, UMS.

Website http://Jelajahtulang.com itu telah sukses didemonstrasikan pada Rabu, (11/9) di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus (PK) ini, memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi anatomi manusia, khususnya sistem rangka, melalui 3 Audiobook dan kuis interaktif.


Dengan fitur-fitur unggulan Audiobook, lanjutnya, seperti visual desain buku bergambar yang ramah anak dan audio jernih, dapat memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan menyenangkan.

“Saya sangat bangga dan pastinya senang sekali bisa memperkenalkan website ini kepada para siswa di SMP Al-Kautsar. Saya percaya bahwa teknologi dapat menjadi jembatan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik yang diajarkan,” ujar Ouwaa Aiko Suda saat ditemui pada Jumat, (13/9).

Selama sesi demonstrasi, siswa diperkenalkan dengan cara menggunakan website tersebut, termasuk bagaimana memanfaatkan fitur interaktifnya untuk belajar lebih lanjut tentang setiap jenis tulang dalam tubuh manusia.

Mahasiswa Fisioterapi UMS itu juga menekankan pentingnya penggunaan teknologi dalam pendidikan modern guna mempersiapkan siswa menghadapi masa depan yang semakin digital.

Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Al-Kautsar, Desi Yulihapsari, M.Pd., menyatakan antusiasme dan apresiasi atas inisiatif tersebut.

“Website ini memberikan wawasan baru dan sangat bermanfaat bagi siswa kami. Cara penyampaian materi yang interaktif menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh para siswa,” ujarnya.

Di akhir kegiatan demonstrasi, para siswa diberikan tautan ke formulir evaluasi berbasis Google Forms untuk memberikan umpan balik tentang aplikasi JELAJAH TULANG. Umpan balik ini akan digunakan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas platform dalam mendukung proses pembelajaran anatomi tulang. (Maysali/Humas)