Sosialisasi Mahasiswa KKN MAs Kelompok 115 Dorong UMKM Desa Bakalan Lewat Pelatihan Ecoprint Totbag

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 28 Agustus 2024 – Dalam upaya memperkuat kewirausahaan berbasis lingkungan, kami dari kelompok KKN MAs kelompok 115 yang beranggotakan sembilan orang dan salah satunya adalah Muhammad Damar muslim dari Universitas Ahmad Dahlan,mengadakan sebuah acara sosialisasi dan pelatihan UMKM digelar hari ini 28 Agustus 2024. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik ecoprint pada produk totbag (tas tote) dan memberikan keterampilan praktis kepada pelaku UMKM lokal.

Ecoprint adalah teknik pencetakan menggunakan bahan alami yang mengutamakan keberlanjutan dan ramah lingkungan. Dalam pelatihan ini, peserta belajar cara memanfaatkan bahan-bahan alami seperti daun dan bunga untuk mencetak pola artistik pada kain tas. Selain mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya, teknik ini juga meningkatkan nilai estetika produk.

Hadir dalam acara tersebut, Dosen pembimbing lapangan kami, Bapak Muhammad Sholahuddin, SE, M.Si.,Ph.D, yang menyampaikan pentingnya inovasi seperti ecoprint dalam mendukung pertumbuhan UMKM. “Dengan mengadopsi teknik ramah lingkungan seperti ecoprint, UMKM tidak hanya dapat meningkatkan daya saing produk mereka tetapi juga berkontribusi pada pelestarian lingkungan,” ujar Bapak Saholahudin.

Peserta pelatihan, yang terdiri dari pengusaha UMKM dan calon wirausahawan, tampak antusias mengikuti sesi praktek dan diskusi. “Pelatihan ini sangat bermanfaat, terutama dalam memberikan pengetahuan baru tentang bagaimana memproduksi barang yang tidak hanya berkualitas tetapi juga ramah lingkungan,” kata Sincan, salah satu peserta pelatihan.

Acara ini diharapkan dapat membuka peluang bagi UMKM lokal untuk mengembangkan produk yang lebih inovatif dan berkelanjutan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya praktik bisnis yang ramah lingkungan. Pelatihan ecoprint totbag menjadi langkah awal yang signifikan dalam mendorong UMKM untuk beradaptasi dengan tuntutan pasar modern yang semakin mengutamakan keberlanjutan.

Penulis : Muhammad Damar Muslim (Tim KKN MAs Kelompok 115 Desa Bakalan)