Sukses! KKN MAs Tim 83 Membantu Dua UMKM Pentol Mandiri & Pentol Ndower Desa Jatipurwo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 7 September 2024 – Tim KKN MAs kelompok 83 memberi dukungan kepada dua pelaku UMKM di Desa Jatipurwo. Kepada ibu Wartini yang merupakan pengusaha berbagai macam kripik yang bernama PENTOL MANDIRI ibu Wartini Selain membuat pentol ada juga berjualan keripik tetapi ibu Wartibi Lebih berfokus kepada kripiknya dan Pak Daryono Merupakan pengusaha pentol ndower nantinya akan dibuatkan banner untuk produk mereka agar lebih dikenal oleh para konsumen.

Pentol Mandiri memiliki berbagai macam kripik yaitu, kripik singkong, talas, dan pisang merupakan makanan ringan yang bahan dasarnya terbuat dari singkong, talas, dan pisang. Pohon pohon tersebut banyak tumbuh di desa Jatipurwo, maka Ibu Wartini memanfaatkan sumberdaya tersebut yang sangat melimpah di Desa Jatipurwo untuk usaha kreatif yang mereka produksi.

Pentol Ndower merupakan makanan ringan yang bahan dasarnya terbuat dari daging sapi. Pentol tersebut di buat sendiri oleh bapak Daryono, yang bahan bahan nya terdiri dari daging sapi, tepung terigu, telur, dan bumbu rahasia ala keluarga. Pentol Ndower sangat di sukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil sampai dewasa, maka ini salah satu jajanan favorite warga desa Jatipurwo

Lokasi Pentol Mandiri berada di Dusun Dologan, sedangkan lokasi Pentol Ndower berada Dusun Trombol Wetan. Dua anggota kelompok 83 telah meminta izin kepada kedua pemilik UMKM untuk membuatkan mereka banner. Adapun untuk Ibu Wartini, kelompok 83 berinisiatif untuk membuatkan stiker produk beserta logo.

Kedua pelaku usaha di Desa Jatipurwo tersebut sangat berterima kasih karena telah dibantu untuk memasarkan produk mereka. Begitu juga dengan kelompok 83 yang senang karena dapat diterima dengan baik. Kelompok 83 berharap semoga bantuan tersebut nantinya dapat bermakna dan membantu mereka.

(Tim KKN MAs Kelompok 83 Desa Jatipurwo)