Tim PPK BEM Farmasi UMS Adakan Pendampingan Sertifikasi Halal dan Pembuatan NIB

ums.ac.id, SOLO – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan sosialisasi sertifikasi halal, pembuatan akun Nomor Induk Berusaha (NIB), dan peresmian stand UMKM, dihadiri oleh UMKM, KTH,PKK, dan Muda Mudi Desa Sidorejo, Klaten.

Selain itu juga dilakukan pendampingan dari pihak dosen pendamping yakni apt. Peni Indrayudha, M. Biotech,. Ph.D., yang juga sekaligus menjadi pemateri sosialisasi sertifikasi halal dan pembuatan akun NIB.

“Sosialisasi ini dilakukan untuk menambah wawasan warga setempat untuk mengetahui pentingnya kehalalan dalam suatu produk yang telah dibuat dan menjadi wadah untuk UMKM bisa mendapatkan NIB dalam berjualan, bukan hanya itu kami juga mengukur pemahaman warga dengan pretest dan post-test untuk mengetahui tingkat dari pemahaman warga,” ungkap Triana Ariska Dewi selaku Ketua Pelaksana, Kamis (5/9).

BACA JUGA Antusias Warga Kembangkan Batik Eco Print, PPK Ormawa LEPMA FEB UMS Gelar Workshop

Kegiatan Selasa (27/8), lanjutnya, bukan hanya sosialisasi dan pembuatan akun NIB, kami juga melakukan peresmian stand UMKM yang sudah kami dirikan pada tanggal 28 Juli 2024 untuk mewadahi UMKM Desa Sidorejo agar bisa meningkatkan pendapatan dalam acara Kirab.

Peresmian yang dilakukan dengan pemotongan pita dilakukan oleh Sekretaris Desa Ahmad Sulituo, Dosen Pendamping apt. Peni Indrayudha, M. Biotech., Ph.D, Gubernur BEM M. Zidan Syukrani, dan ketua pelaksana PPKO 2024 Triana Ariska Dewi.

Antusias warga juga tinggi yang menginginkan program ini bisa berjalan dengan lancar agar bisa memacu UMKM setempat yang lain untuk bisa maju lagi dan bukan hanya sekedar membuat produk tetapi belum bisa memasarkan.

“Harapan penuh oleh warga yang membuat TIM PPK Ormawa ini lebih semangat untuk meningkatkan bagaimana program yang kami bawakan pada tahun ini bisa berjalan sesuai harapan warga dan TIM PPK BEM Farmasi,” pungkas Triana. (Maysali/Humas)