Tingkatkan Kapasitas Usaha Ibu-Ibu di Desa Jatirejo, Kelompok 119 KKN MAs 2024 Kenalkan “Bule di Salon”

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR (Minggu, 25/08/2024) – Kelompok 119 KKN MAs 2024 lakukan peningkatan kapasitas usaha bagi Ibu-ibu di Desa Jatirejo dengan kenalkan Bule di Salon.

Bule di Salon merupakan akronim dari Budidaya Lele dan Sayuran di Galon. Bule di Salon ini merupakan inovasi dari budikdamber (budidaya ikan dalam ember) dimana media budidayanya diganti dengan galon bekas. Inovasi ini bertujuan untuk mengurangi sampah galon sekali pakai dan sampah gelas plastik di sekitar kita.

Sistem Bule di Salon ini cocok untuk daerah yang memiliki keterbatasan lahan, saat ini kualitas dan kuantitas sumber daya air semakin menurun, meningkatnya kebutuhan protein hewani dan kebutuhan sayuran, dan banyaknya galon bekas yang tidak dikelola dengan baik.

Untuk alat dan bahan Bule di Salon adalah galon bekas, cup bekas untuk netpot, rockwool (jika tidak ada bisa diganti dengan sekam bakar, atau arang), kain flanel untuk sumbu air, solder untuk melubangi galon, benih ikan lele ukuran 7cm (dalam satu galon berisi 10-15 benih), benih sayuran, probiotik ikan, dan air.

Pada sosialisasi ini, dihadiri oleh Ketua Penggerak PKK Desa Jatirejo yakni Ibu Rosiana, Bidan Desa yakni Ibu Ernawati, dan Ibu-ibu pengurus PKK Desa Jatirejo. Antusiasme dan keceriaan menciptakan suasana hangat selama kegiatan ini.

Pada kegiatan ini, kelompok 119 KKN MAs 2024 juga mendistribusikan 1 set Bule di Salon pada tiap Dusun. Koordinasi dan pengawasan proses Bule di Salon dikoordinasikan melalui WA Group yang telah dibentuk. (Tim Medfo Kelompok 119 KKN MAs 2024)