Tingkatkan Kreativitas Siswa, Tim PPK Ormawa LEPMA FEB UMS Gelar Workshop Eco-Print di SD Negeri 1 Jarum

ums.ac.id, SURAKARTA – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dari Lembaga Pengembangan Mahasiswa (LEPMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan kegiatan Workshop Batik Eco-Print di SD Negeri 1 Jarum.

Kegiatan ini melibatkan siswa-siswi kelas 6 sebagai peserta. Dalam workshop ini, siswa-siswi diajak mempraktikkan teknik pounding pada batik eco-print. Setiap peserta diberikan totebag atau pouch, dan mereka meletakkan daun di atas bahan tersebut sebelum memukulnya dengan palu untuk mencetak motif dan warna daun pada kain.

Dosen Pendamping Tim PPK Ormawa, Drs. Aflit Nuryulia Praswati, S.E., M.M., mengungkapkan pelatihan batik Eco-Print ini bertujuan untuk mendukung kreativitas dan keterampilan seni anak-anak, khususnya dalam bidang batik eco-print.

“Aktivitas ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar teknik baru dan memperluas wawasan mereka tentang seni batik yang ramah lingkungan,” ungkap Dosen UMS itu Sabtu, (7/9).

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Jarum, Herlina mengatakan bahwa kegiatan ini sangat mendukung kreativitas dan keterampilan anak-anak.

“Saya berharap kegiatan serupa dapat diadakan setiap tahun dengan berbagai program lainnya. Seorang siswa juga menyatakan, kegiatannya seru dan menyenangkan, dapat praktik langsung yang didampingi kakak-kakak dari UMS. Banyak banget ilmu yang diberikan,” ujar Kepala Sekolah meneruskan kesan dari siswanya.

Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi terhadap kegiatan ini, yang juga didorong oleh kedekatan tim dengan siswa.

Ketua Pelaksana PPK Ormawa LEPMA FEB UMS, Aysa mengungkapkan dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (27/8) lalu, diharapkan dapat terus meningkatkan minat dan keterampilan anak-anak dalam bidang seni, serta memperkenalkan mereka pada teknik batik eco-print yang berkelanjutan.

“Komitmen LEPMA FEB UMS dalam mendukung pendidikan seni dan memberdayakan generasi muda dengan keterampilan yang bermanfaat dan berkelanjutan,” tegasnya. (Fika/Humas)