Tingkatkan UMKM Turunkan Stunting, Aksi Nyata Tim KKN MAs 2024 Desa Kagokan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

ums.ac.id, SUKOHARJO-Tim Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) 2024 Kelompok 2, Desa Kagokan melakukan Program Kerja yaitu Penyuluhan dan Cek Kesehatan Dengan Tema ” UMKM UNGGUL STUNTING MENURUN” . Acara ini di lakukan di balai desa kagokan, Minggu (01/08/2024).

Acara ini dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB dan diawali dengan pembukaan oleh wakil ketua Tim kelompok 2 yaitu “Adinda Nashwa Syafa Kamila” dilanjutkan dengan tim pemateri oleh adinda Elinta, Elisa, Azzahra dengan materi “Menumbuhkan Jiwa Wirausahaan Di Kalangan Generasi Muda”

Kemudian dilanjutkan pemateri oleh adinda Nisa & Arin dengan judul “Generasi Muda Sadar Stunting”. Setelah selesai di lanjutkan kegiatan Cek kesehatan bersama dengan Tim posyandu Remaja desa kagokan yang diarahkan oleh ibu bidan yaitu “ibu Nining winarsih”.

Cek kesehatan dimulai dari cek gula darah, HB, kolestrol pada remaja dan ibu-ibu. Yang mengikuti kegiatan cek kesehatan & penyuluhan sekitar 40 orang.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dan peran UMKM dalam menyediakan makanan bergizi. Kegiatan ini melibatkan edukasi tentang stunting, pemeriksaan kesehatan, dan pengenalan produk makanan sehat dari UMKM, guna mendorong kolaborasi antara kesehatan dan ekonomi lokal. Dengan pendekatan ini, diharapkan angka stunting dapat menurun secara signifikan, serta mendukung keberlanjutan UMKM dalam menyediakan makanan yang bergizi bagi masyarakat.

Kemudian acara penutup dilakukan dengan sesi dokumentasi foto bersama, ucapan terimakasih dan salaman dengan mitra yang terlibat pada program kerja kami kali ini.

# Tim KKN MAs 2024, Kelompok 2 Desa kagokan, kec.Gatak, Kab. Sukoharjo.