UMS Sukses Gelar Turnamen Tennis, Lahirkan Atlet yang Bermental Tangguh

ums.ac.id, SURAKARTA – Turnamen Tennis dalam rangka Hari Jadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Ke 66 yang mempertandingkan Tunggal Putra Antar SMA/SMK Se Solo Raya Tahun 2024 di Lapangan Tennis UMS telah usai.

Tournament Desk, Dedi Ary Prasetya, S.T., M.Eng., melaporkan hasil akhir dari pertandingan yang telah terlaksana pada 21-22 September 2024.

“Juara 1 diraih oleh Fabian Dapin (SMA Veteran 1 Sukoharjo), Juara 2 oleh Ashar Sinuhun (SMA Muh Darul Arqom Karanganyar), Juara 3 bersama yaitu Arsyad Ghanim (SMA N 1 Wonogiri) dan Dzakiyy Atila (SMA N 3 Surakarta),” papar Dedi, Senin, (23/9).

Dedi juga menerangkan, pada awal pertandingan final, Dapin banyak melakukan kesalahan sendiri hingga Ashar bisa memimpin dengan skor 5-2. Kemudian Dapin dapat mengejar ketinggalan hingga mampu menyamakan skor 5-5.

Jalannya pertandingan setelahnya menjadi laga mental dari keduanya karena secara teknis permainan terlihat imbang. Susul menyusul skor terjadi hingga Dapin memimpin di skor 7-6. Kemenangan diperoleh untuk yang lebih dulu mencapai skor 8 (pro-set).

“Namun karena laga ini tidak sekedar masalah teknis namun juga mental, Ashar bisa menyamakan kedudukan. Berdasarkan aturan, maka laga diperpanjang di mana pemenangnya adalah yang mencapai skor 9. Namun ternyata keduanya masih imbang hingga skor 8-8,” jelas Dosen UMS yang kerap mengikuti Turnamen Tennis itu.

Kemudian, lanjutnya, pertandingan harus diselesaikan dengan sistem tie-break, dimana skor langsung dihitung per game service untuk mencari skor 7.

Pada game terakhir, setelah rally yang cukup panjang, Dapin bisa mendapatkan bola matang yang dengan mudah diarahkan ke sisi kanan dari Ashar. Bola menyusur deras dan Ashar memaksakan diri untuk mengembalikan bola dengan mengejarnya sekuat tenaga. Namun Ashar terjatuh saat mengembalikan bola disertai dengan kram kaki yang membuatnya terpaksa menyerah (retired) di skor 8⁴-8², untuk kemenangan Dapin,” pungkas Dedi.

Peraih Podium Tertinggi, Fabian Dapin Akbar Kusuma yang masih duduk di bangku Kelas 12 SMA Veteran 1 Sukoharjo merasa sangat senang dan bangga, serta mengucapkan terima kasih kepada pelatih, keluarga, teman yang sudah mendukungnya sehingga dapat menjuarai turnamen tersebut.

Pada tahun sebelumnya Ia juga sudah pernah mengikuti gelaran yang sama dan berhasil meraih Juara 1 juga.

“Alhamdulilah bisa mempertahankan gelar juara selama 2 tahun di turnamen UMS ini, harapan ke depannya untuk berlatih lebih keras dan rajin lagi sehingga terus berkembang dan bisa bermain di kancah internasional,” ungkap Dapin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada UMS yang telah menyelenggarakan Pertandingan Tennis yang sangat meriah.

“Semoga di tahun depan bisa mengadakan lagi dan UMS semakin maju dan jaya,” pungkasnya. (Yusuf/Humas)