You are currently viewing Student Exchange Fakultas Kedokteran UMS ke Faculty of Medicine Khon Kaen University Thailand

Student Exchange Fakultas Kedokteran UMS ke Faculty of Medicine Khon Kaen University Thailand

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pada tanggal 8-13 Oktober 2018, sebanyak 11 mahasiswa Fakultas Kedokteran UMS mengikuti kegiatan kunjungan akademik dalam rangka student exchange di Faculty of medicine Khon Kaen University Thailand. Peserta adalah mahasiswa program profesi dokter (Dokter muda) tahun pertama dan tahun kedua.

Student exchange ini merupakan implementasi MOU yang sudah ditandatangani kedua belah pihak pada tahun 2016. Selama 5 hari mahasiswa FK UMS mengikuti kegiatan sebagai observer di stase Internal medicine, pediatric dermatology, unit stroke, dan traditional Thai medicine di Khon Kaen Gospital dan Srinagarind Hospital.

Kasus yang diperoleh selama observasi cukup beragam dan menambah pengetahuan mahasiswa tersebut. Pada akhir proses, bersama elective students dari kamboja dan Norwegia, mahasiswa saling mempresentasikan hasil yang diperoleh selama observasi di rumah sakit. Mahasiswa juga di minta untuk mempresnetasikan company profile institusi masing-masing.

Fakultas Kedokteran UMS dan Faculty of Medicine KKU juga merencanakan kunjungan sebaliknya dari mahasiswa KKU ke FK UMS. Kunjungan akademik tersebut didampingi dr. Ratih Pramuningtyas, Sp.KK, Wakil Dekan 1 FK UMS dan dr. Iin Novita Nurhidayati Mahmuda, Msc, Sp.PD sebagai kepala Program Profesi Dokter FK UMS.

Harapan selanjutnya, kegiatan ini dapat berjalan rutin, dan observasi dapat dilakukan di beberapa stase lainnya untuk memperkaya khasanah keilmuan. Serta bentuk kerjasama lain dapat terwujud seperti visiting professor dan lecture exchange. (Ahmad)