You are currently viewing 2.000 Jamaah Hadiri Kegiatan Cinta Subuh UMS, Wakil Rektor II Sampaikan Pesan Keunggulan Agama Islam

2.000 Jamaah Hadiri Kegiatan Cinta Subuh UMS, Wakil Rektor II Sampaikan Pesan Keunggulan Agama Islam

ums.ac.id, SOLO – Sekitar 2.000 jamaah padati Masjid Sudalmiyah Rais Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dalam rangka Kegiatan Rutin Cinta Subuh, Sabtu, (28/10).

Wakil Rektor (WR) 2 UMS, Prof., Dr., Muhammad Da’i, M.Si., pada kesempatan itu menjadi Imam dan Khatib Kegiatan Cinta Subuh, menyampaikan materi yang bertajuk “Keunggulan Agama Islam.”

Menurutnya, pada konteks persyarikatan Muhammadiyah, keunggulan umat Islam dibangun dan dimplementasikan dalam rislah Islam Berkemajuan. “Bagaimana umat Islam harus menjadi umat yang berkemajuan? Dengan menekankan pada 5 karakter yakni, Memurnikan Tauhid, Memahami Qur’an Hadis dengan benar, Menghidupkan Ijtihad, Islam Wasathiyah dan Mewujudkan Islam yang Rahmatan lil alamin,” papar WR II UMS itu.

Dia juga menyampaikan ada 4 muatan untuk mewujudkan Islam yang sebenar-benarnya, muatan tersebut meliputi : (1) Aqidah dan Tauhid, Islam adalah agama yang betul-betul meng-Esakan Allah dan mengajarkan ke-Tauhidan kepada Allah Swt ; (2) Ibadah, keunggulan pelaksanaan ibadah atas agama-agama yang lain, ditunjukkan dengan pada kaidah dan tuntunan yang sama yakni bersumber pada Al-Qur’an dan Hadis ; (3) Akhlak, umat Islam secara konsisten menjaga akhlak, di mana nilai-nilai Islam tidak akan luntur. Akhlak yang baik menjadi ruh dan buah dari ketaqwaan setiap muslim ; (4) Mu’amalah, peradaban umat Islam menjadi referensi peradaban dunia. (Yusuf/Humas)