You are currently viewing Lolos Seleksi Tahap 2, Mahasiswa UMS Siap Bersaing di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

Lolos Seleksi Tahap 2, Mahasiswa UMS Siap Bersaing di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

SUKOHARJO,iNewsSragen.id – Sempat mengalami kendala, akhirnya Tim mahasiswa Fakultas Teknik (FT)Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lolos seleksi tahap 2 kategori Leisure Boat Electric Remote Control Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2023 (KKCTBN).

Tim dari gabungan Prodi Teknik yakni Teknik Mesin, Elektro dan Industri itu diketuai Muhammad Muflih Firdaus dengan Moch Rama Indra Yudistira, Mohammad Tafta Zani Roy S, Setya Adi Darma, dan Adin Nur Rohman, sebagai anggotanya.

Mereka akan mewakili UMS sebagai peserta KKCTBN 2023 yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek pada, 24 – 28 Oktober 2023 mendatang di Universitas Indonesia (UI) Nasional 2023 (KKCTBN).

Kontes itu merupakan agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototype, dan performa prototype dibidang teknologi perkapalan-maritim yang dilaksanakan setiap tahun dan ditujukan ke mahasiswa tiap tahunnya.

Dalam rilisnya pada, Minggu (8/10/2023), salah satu anggota, Moch Rama Indra Yudistira, menjelaskan, awal mula timnya membuat kapal dengan mendesain terlebih dahulu. Dari desain itu, kemudian dibuat cetakan kapal dengan waktu persiapan kurang lebih satu bulan.

“Walau sempat ada kendala, tetapi hal itu tidak menjadi penghalang untuk melaju ke babak selanjutnya. Proses pembuatannya terlalu mepet karena terhalang anggota tim yang pulang kampung, yang bertepatan pada libur semester,” jelasnya .

Kepala Biro Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Alghofari, mengungkapkan bahwa dengan adanya KKCTBN 2023, UMS ingin mengambil peran dalam lomba itu di bidang teknologi dengan menunjukan bahwa UMS merupakan kampus yang unggul dan mampu bersaing di bidang teknologi.

“Kami mensupport dan memfasilitasi tim dengan memberangkatkan ke Malang, untuk belajar bagaimana membuat proposal serta pendamping, untuk mengarahkan agar proposal lebih terarah,” terangnya.

Disisi lain, Tim Humas UMS juga ikut berperan membantu proses dalam pembuatan video pada tahap 1 perlombaan. Dengan lolosnya tim mahasiswa dalam KKCTBN 2023 itu, diharapkan dapat memotivasi untuk cabang-cabang lomba lainnya

“Kami berupaya agar bisa ikut serta ke cabang-cabang lomba lainya, sehingga memperkuat posisi UMS terutama di Bidang Kemahasiswaan,” pungkas Ahmad.

Editor : Joko Piroso
Sumber : https://sragen.inews.id/read/354830/lolos-seleksi-tahap-2-mahasiswa-ums-siap-bersaing-di-kontes-kapal-cepat-tak-berawak-nasional