You are currently viewing Mahasiswa UMS Ciptakan Palta Candy, Permen Herbal Pereda Epilepsi dan Demam

Mahasiswa UMS Ciptakan Palta Candy, Permen Herbal Pereda Epilepsi dan Demam

Tim Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) berhasil menciptakan produk gummy candy herbal lebih aman untuk anak mengandung bahan mengatasi demam dan pereda epilepsi disebut Palta Candy.

Palta Candy terbuat dari bahan dasar ekstrak daun alpukat dan daun stevia digelatinisasi dengan gelatin sapi supaya mengental, sehingga terbentuk gummy candy. Produk ini merupakan herbal diinovasi dalam bentuk permen dengan sasaran anak-anak penderita epilepsi dan demam.

Permen herbal ini memiliki keunikan mulai dari bahan dasar, rasa, bentuk, warna dan khasiat terkandung di dalamnya.

Ketua TIM PKM-K UMS, Ninit Putry Sagita berharap, produk diciptakan oleh timnya dapat diterima oleh masyarakat.

“Semoga produk kami, Palta Candy ke depannya bisa diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat yang memiliki anak penderita epilepsi dan demam bisa meringankan penyakit tersebut tanpa takut rasa atau bentuk yang biasanya dikenal yaitu pahit,” ungkap Ninit, Selasa (2/10).

Ulya, salah satu anggota Tim Palta Candy PKM-K UMS, mengatakan, inovasi dari permen herbal ini berawal dari banyaknya tanaman alpukat di sekitar rumahnya. Namun sebagian orang masih belum mengetahui manfaat dari daun dibandingkan dengan buah. Manfaat dari daun alpukat berdasarkan artikel ilmiah telah ditelaah kandungan di dalam daun alpukat dapat meredakan penyakit epilepsi dan demam terjadi pada anak.

Ulya menerangkan, Palta Candy memiliki  kandungan flavonoid dari ekstrak daun alpukat dapat meredakan epilepsi dan demam yang dialami anak-anak. Selain itu, produk ini mengandung flovanoid pada ekstrak daun alpukat mampu bekerja sebagai antioksidan.

“Dalam produk ini juga ditambahkan daun stevia sebagai pemanis alami dan tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi apalagi untuk anak-anak,” katanya.

Ninit juga mengatakan produk ini juga tidak mengandung pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Kemasan digunakan juga menarik, sehingga anak-anak akan tertarik. Selain itu, produk ini dijual dalam bentuk gummy candy dalam kemasan standing pouch diberi ziplock supaya lebih higenies.

TIM pencipta Palta Candy ini terdiri dari Ninit Putry Sagita sebagai ketua, Ulya Ananda Putri Febrianti , Desta Kumala Sari, Novelia Bunga Sawitri, dan Tashila Zahra Persada, di bawah bimbingan dosen Endang Setyaningsih.

Sementara itu, Endang Setyaningsih selaku dosen pembimbing menambahkan bahwa produk Plata Candy saat ini telah diuji laboratorium.

“Sejauh ini, permen herbal Palta Candy telah diuji melalui uji organoleptic, kadar air dan gula reduksi di Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) kota Surakarta,” pungkas Endang.

Sumber : https://www.rmoljawatengah.id/mahasiswa-ums-ciptakan-palta-candy-permen-herbal-pereda-epilepsi-dan-demam